Prabu Revolusi Enggan Respons Masalah Akun Fufufafa: Takut Salah Ngomong

Amelia Yesidora
13 September 2024, 16:13
prabu revolusi, akun fufufafa, fufufafa, gibran rakabuming raka
ANTARA FOTO/Reno Esnir/app/tom.
Pejabat baru Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo Prabu Revolusi menyampaikan keterangan kepada wartawan usai dilantik di Kantor Kemenkominfo, Jakarta, Senin (19/8/2024). Prabu menggantikan Usman Kansong yang mengundurkan diri pada 14 Agustus 2024.
Button AI Summarize

Dirjen Informasi Komunikasi Publik atau IKP Prabu Revolusi enggan merespons pertanyaan wartawan bertanya terkait akun Kaskus Fufufafa yang diduga milik wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Prabu semula menjelaskan, Kominfo sudah menutup akun yang menipu dengan deepfake dan meminta publik memastikan informasi yang ada di media sosial. Namun saat ditanya validitas tudingan kepemilikan Gibran atas akun Fufufafa, Prabu menjawab dengan ragu.

Ia sempat ingin menanggapi kontroversi perbincangan di media sosial tersebut, tapi ia memilih mengurungkan niatnya “Kalau itu kan... Gini ya.. Saya rasa... Ntar salah jawab lagi. Ya udah lah, enggak usah lah. Gak usah lah, udah. Itu pake statement-nya Pak Menteri aja udah. Skip aja ya,” ujarnya dalam acara dalam acara Ngopi Bareng di Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (13/9).

Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi sebelumnya mengatakan, pihaknya bakal mengumumkan sosok di balik akun Kaskus Fufufafa. Akun ini kerap mengejak presiden terpilih Prabowo Subianto dan keluarga, dalam kurun 2014–2019.

“Akan kami umumkan pemilik akun Kaskus Fufufafa jika sudah tahu. Yang pasti bukan Gibran Rakabuming Raka,” kata Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi di kantornya, Jakarta, Kamis (12/9).

Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi menilai, pembahasan akun Kaskus Fufufafa yang dihubungkan dengan wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka di media sosial, diduga sebagai upaya adu domba.

“Kami sudah berupaya tracking, pemiliknya bukan Gibran Rakabuming Raka,” katanya.

Awalnya, akun X atau Twitter @_mardial_ mengunggah gambar tangkapan layar akun Kaskus fufufafa yang menanyakan tempat untuk membeli gunting pemotong daging steak.

"Guys, sorry stupid question. Beli gunting yang kayak di Steak Gunting PIK di mana ya?" tulis akun Kaskus Fufufafa pada 3 November 2014, sebagaimana terlihat pada tangkapan layar. 

Akun X atau Twitter @_mardial_ mengunggah tangkapan layar itu dengan mengutip cuitan milik akun X Chilli Pari Catering pada tanggal yang sama. Chilli Pari Catering dikelola oleh Gibran Rakabuming.

Warganet kemudian mengecek akun Kaskus Fufufafa. Netizen lantas menemukan unggahan akun Kaskus Fufufafa yang mengejek Prabowo Subianto dan keluarga.

 “Memalukan,” ujar akun Fufufafa menanggapi berita berjudul ‘Tujuh Kuda Prabowo dan Jeep Rubicon Elite KMP dalam Upacara di Lapangan Polo’ pada 2015.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, akun Kaskus Fufufafa masih mengunggah komentar negatif terkait Prabowo hingga 2019. Adapun warganet ramai mengaitkan Fufufafa dengan Gibran Rakabuming Raka. Cuitan dengan kata ‘fufufafa’ pun diunggah 134 ribu kali di X atau Twitter per pukul 11.12 WIB, Rabu (11/9).

Warganet kini menyoroti dugaan cuitan Kaesang Pangarep pada 2011 yang disebut menjadi bukti keterkaitan akun Kaskus Fufufafa dengan Gibran Rakabuming Raka.

Akun X @JhonSitorus_18 mengunggah tangkapan layar alias screenshot yang diduga cuitan Kaesang Pangarep pada 2011.

"Selamat ulang tahun ibu dan mas @rkgbrn," cuit @kaesangp pada 1 Oktober 2011

Gibran lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada 1 Oktober 1987. Sementara itu, istri Presiden Joko Widodo atau Jokowi yakni Iriana lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 1 Oktober 1963.

@JhonSitorus_18 juga mengunggah screenshot yang menunjukkan unggahan akun Kaskus Fufufafa. "Prime ID: Raka Gnarly (lupa password, sehingga tidak bisa log in). Nama: Raka. Twitter: @rkgbrn," demikian dikutip.

Selain itu, akun @JhonSitorus_18 mengunggah cuitan @UmbiAbabil pada 3 Mei 2013. "Gibran @rkgbrn, kemana saja? Tidak di Jakarta? Aku ingin bertemu Bapak @jokowi_do2, ingin berbincang," demikian dikutip.

 

Reporter: Amelia Yesidora
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...