KAI Tambah Fitur Baru, Penumpang Bisa Duduk Bersebelahan dengan Sesama Perempuan

Ringkasan
- Generasi muda, termasuk Gen Alpha, Gen Z, dan milenial, mulai berkonsultasi tentang gizi menggunakan aplikasi telehealth, dengan Halodoc sebagai yang paling populer.
- Selain konsultasi kesehatan umum, konsultasi gizi telah menjadi salah satu penggunaan utama dari aplikasi telehealth, menunjukkan peningkatan kesadaran akan kesehatan di kalangan anak muda.
- Alasan utama menggunakan aplikasi telehealth antara lain kenyamanan, fleksibilitas, dan penghematan biaya, meskipun terdapat kekhawatiran tentang keakuratan diagnosis dan keamanan data.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah fitur baru pada proses pemilihan tempat duduk di aplikasi Access by KAI bagi penumpang perempuan. Saat penumpang memilih kursi melalui aplikasi Access, terdapat kursi berwarna merah muda atau pink yang menandakan kursi tersebut diisi oleh perempuan.
Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan kehadiran fitur ini merupakan salah satu upaya KAI dalam memperhatikan kebutuhan pelanggan perempuan.
"Sebelumnya, proses pemilihan seat belum memberikan kemudahan bagi penumpang perempuan yang ingin duduk bersebelahan dengan sesama perempuan," kata Anne dalam siaran pers, dikutip Senin (24/3).
Fitur ini hanya dapat digunakan oleh member Access yang memesan tiket untuk penumpang perempuan dan berlaku untuk semua KA Antar Kota. Jika dalam satu pemesanan terdapat penumpang laki-laki, fitur ini tidak akan ditampilkan. KAI memastikan perlindungan data pribadi pelanggan sesuai kebijakan yang berlaku.
Perusahaan membuat fitur itu untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi penumpang perempuan. Anne menyebut, dengan adanya fitur ini penumpang perempuan dapat merasa lebih nyaman selama perjalanan.
“Kami berharap inovasi ini dapat meningkatkan rasa aman dan memberikan pengalaman perjalanan yang lebih menyenangkan," ujar Anne.
Anne menyampaikan pada 2024 Access by KAI sudah lebih dari 7.633.584 downloader dan 7.317.566 pengguna aktif. KAI berkomitmen menghadirkan layanan yang inklusif dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan.
Tidak hanya di Access by KAI, bagi pelanggan yang memesan tiket di loket stasiun pun juga bisa meminta kepada petugas jika ingin duduk bersebelahan dengan sesama perempuan. Inovasi ini mencerminkan komitmen KAI dalam meningkatkan kualitas layanan dan memberikan rasa aman bagi seluruh pelanggan.