Raja Belanda Minta Maaf soal Keterlibatan Negaranya dalam Perbudakan

Reza Pahlevi
2 Juli 2023, 10:31
Raja Belanda Willem Alexander bersama Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti disambut tarian tor-tor oleh masyarakat Batak ketika berkunjung di Dusun Siambat Dalan, Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Kamis (12/3/2020).
ANTARA FOTO/Septianda Perdana/aww.
Raja Belanda Willem Alexander bersama Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti disambut tarian tor-tor oleh masyarakat Batak ketika berkunjung di Dusun Siambat Dalan, Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Kamis (12/3/2020).

Raja Belanda Willem-Alexander meminta maaf terkait keterlibatan negaranya dalam perbudakan di masa lalu. Permintaan maaf ini diutarakan dalam perayaan penghapusan perbudakan di Belanda yang ke-150 pada Sabtu (1/7) waktu setempat.

Permintaan maaf Willem-Alexander menyusul permintaan maaf yang sama dari Perdana Menteri Belanda Mark Rutte pada akhir tahun lalu. Rutte menyinggung soal peran Belanda dalam perbudakan dan perdagangan budak dalam permintaan maafnya.

“Hari ini, sebagai raja Anda dan anggota dari pemerintah, saya meminta maaf,” kata Willem-Alexander dalam pidatonya, Sabtu (1/7) dikutip dari Associated Press.

Belanda Salah Satu Pedagang Budak Terbesar

Tidak hanya itu, raja berusia 56 tahun ini mengatakan dirinya telah mendukung studi lebih lengkap untuk mengetahui peran detil Kerajaan Belanda dalam perbudakan. Hasil studi ini diperkirakan dapat selesai pada 2025.

Associated Press menyebut Belanda pertama kali terlibat dalam perdagangan budak di trans-Atlantik pada akhir 1500-an. Pada pertengahan 1600-an, Belanda menjadi salah satu pedagang budak terbesar.

Dosen Leiden University sekaligus peneliti sejarah kolonial Belanda, Karwan Fatah-Black, menyebut Perusahaan Hindia Barat Belanda yaitu Dutch West India Company pun menjadi pedagang budak terbesar di dunia.

Sebuah studi yang didukung pemerintah Belanda menemukan Kerajaan Belanda mendapat untung sekitar US$ 600 juta atau sekitar Rp 9 triliun (kurs Rp 15.040 per dolar AS) dari koloni-koloninya pada 1675 - 1770.

Sebagian besar dari untung tersebut didapat sebagai hadiah dari Perusahaan Hindia Timur Belanda atau yang biasa disebut VOC. VOC adalah perusahaan perdagangan rempah-rempah buatan Belanda yang menduduki Indonesia dan negara-negara Asia lainnya pada periode tersebut.

Halaman:
Reporter: Reza Pahlevi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...