Profil Justin Trudeau, PM Kanada yang Baru Mengumumkan Perceraian

Agustiyanti
3 Agustus 2023, 07:57
Justin Trudeau, Justin Trudeau cerai, profil Justin Trudeau
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Akbar Nugroho Gumay/nym.
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau tiba di lokasi KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022). Trudeau mengumumkan berpisah dengan istrinya Sophie Grégoire pada Kamis (3/8)

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengumukan kabar mengejutkan terkait perceraian dengan istrinya, Sophie Grégoire setelah 18 tahun menikah. Pengumuman tersebut dibuat Trudeau melalui akun instagram resminya pada Rabu (2/8). 

Trudeau menjadi perdana menteri Kanada sejak 2015. Ia menjadi perdana menteri ke-23 pada usia 43 tahun dan merupakan pemimpin termuda kedua dalam sejarah Kanada.

Trudeau adalah mantan guru sekolah dan sempat menjadi anggota parlemen sejak 2008. Ia mengikuti jejak sang ayah, Pierre Trudeau yang juga memimpin Kanada selama dua periode pada 1968-1979 dan 1980-1984. 

 

Dia lahir di Ottawa dan merupakan anak kedua dalam sejarah Kanada yang lahir dari seorang perdana menteri yang menjabat. Trudeau memiliki darah Prancis Kanada, Skotlandia, dan Inggris. 

Orang tua Trudeau berpisah pada tahun 1977, ketika ia berusia enam tahun, dan ayahnya mengundurkan diri dari jabatan perdana menteri pada tahun 1984. Setelah meninggalkan dunia politik Kanada, Pierre Trudeau membesarkan anak-anaknya di luar sorotan media di Montral. Tredeau kemudian muncul pada Oktober 2000 saat berusia 28 tahun sebagai tokoh penting setelah menyampaikan eulogi dalam upacara kematian ayahnya.[

Trudeau memiliki gelar bachelor of arts dalam bidang sastra dari McGill University dan gelar Sarjana Pendidikan dari University of British Columbia. Setelah lulus, ia bekerja sebagai pengajar ilmu sosial dan bahasa Prancis di West Point Grey Academy dan Sir Winston Churchill Secondary School di Vancouver.

Ia juga sempat mengikuti pendidikan untuk meraih Master of Arts dalam bidang geografi lingkungan di McGill University, sebelum akhirnya berhenti dari pendidikannya untuk berkarier di ranah publik.

Karier politiknya dimulai sejak muda. Ia mendukung Partai Liberal pada kepemimpinan partai John Turner dalam pemilihan federal pada 1988. Dalam pemilihan federal 2008, dia terpilih untuk mewakili penunggangan Papineau di House of Commons. Dia adalah kritikus Oposisi Resmi Partai Liberal untuk kaum muda dan multikulturalisme pada 2009, dan tahun berikutnya dia menjadi kritikus kewarganegaraan dan imigrasi.

Pada 2011, Trudeay diangkat sebagai kritikus pendidikan menengah dan olahraga. Trudeau memenangkan kepemimpinan Partai Liberal pada April 2013 dan memimpin partainya meraih kemenangan dalam pemilihan federal 2015. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...