Deretan Hal Penting di Balik Heboh Meksiko Umumkan Temuan Jasad Alien

Nur Hana Putri Nabila
16 September 2023, 06:25
Alien
ANTARA FOTO/REUTERS/Jim Urquhar
Pengunjung meletakkan boneka alien di Little A'Le'Inn dimana masuknya wisatawan menanggapi panggilan 'datangi' Area 51, pangkalan militer rahasia Amerika Serikat yang diyakini penggemar UFO menyimpan rahasia pemerintah mengenai luar angkasa (extra-terrestrials), diharapkan terjadi di Rachel, Nevada, Amerika Serikat, Kamis (19/9/2019).

Seorang jurnalis investigasi dan peneliti UFO, Jaime Maussan baru-baru ini memamerkan dua mayat yang diklaim sebagai sosok alien di sidang kongres tentang fenomena anomali tak dikenal atau Unidentified Aerial Phenomena (UAP), di Meksiko pada Selasa (12/9) lalu. Menurut laporan dari Reuters, kedua mayat ini memiliki tiga jari di setiap tangan dan kepala yang memanjang, yang sesuai dengan citra ET (Extra Terrestrial).

Tak hanya itu, Maussan juga bersaksi di bawah sumpah, hampir sepertiga DNA dari makhluk-makhluk "tidak diketahui" ini dan spesimen tersebut tidak terkait dengan "evolusi terestrial kita." Dia juga mengklaim, para ilmuwan dari National Autonomous University of Mexico (UNAM) telah mempelajari dan meneliti jasad-jasad misterius ini menggunakan penanggalan radiokarbon, yang menunjukkan bahwa usia mereka lebih dari 1.000 tahun. 

Temuan Maussan itu kemudian ramai diperbincangkan. Berikut beberapa hal seputar pengumuman temuan jasad diduga mirip alien. 

Asal-Usul Penemuan Jasad Alien

Menurut kesaksian Maussan, mayat-mayat ini diklaim diambil pada tahun 2017 dari Cusco, Peru. Usianya diperkirakan mencapai 1.800 tahun. 

Spesimen ini tidak ditemukan setelah reruntuhan UFO, melainkan ditemukan di tambang diatom (ganggang). Pada 2017, sekelompok penambang menemukan sebuah gua di wilayah Oaxaca, Meksiko. 

Kemudian, mereka menemukan dua jasad yang diduga sebagai alien, lalu mayat-mayat tersebut dibawa ke rumah salah satu dari penambang tersebut. Pada 2022, Jaime Maussan menghubungi penambang tersebut dan akhirnya membeli mayat itu. Kemudian pada Selasa (12/9) lalu, Maussan membawa mayat-mayat tersebut ke sidang Kongres Meksiko.

Ciri-Ciri Mayat yang Diklaim Alien

Pada kongres tersebut, Maussan memperlihatkan beberapa video tentang "UFO dan fenomena anomali tak dikenal". Video itu disampaikan pada pejabat Amerika Serikat dan anggota parlemen pemerintah Meksiko sebelum akhirnya mengungkapkan dugaan mayat alien tersebut. 

Ia menjelaskan, makhluk tersebut memiliki ciri-ciri yang menonjol. Di antaranya tubuh yang kecil, tangan berjari tiga, hingga kepala yang memanjang. Jasad alien di Meksiko itu juga disebut spesimen mumi yang tampak seperti persilangan antara manusia dan makhluk luar angkasa dari film E.T.

Bukan Klaim Pertama, Dikritik Banyak Pihak

Penemuan jasad Alien Jaime Maussan telah memicu keraguan dari berbagai kalangan. Dilansir dari washingtonpost.com, sebelumnya Maussan juga telah mengemukakan klaim serupa mengenai mumi alien, yang kemudian ditolak oleh ilmuwan sebab temuannya merupakan mumi manusia yang terawetkan.

Salah satu universitas di Meksiko juga mengeluarkan pernyataan yang menegaskan bahwa  para peneliti mereka hanya melakukan pengujian karbon pada sampel kulit yang diberikan oleh Maussan pada 2017 lalu. Universitas itu menyebut para peneliti tak pernah memeriksa spesimen itu secara langsung.

Tak hanya itu, kritik lainnya juga dilontarkan oleh seorang astrobiologis ternama di Meksiko, Antígona Segura.  Melansir dari nytimes.com, Antigona Segura yang berkolaborasi dengan NASA, juga mempertanyakan mengenai klaim Maussan. Menurutnya, klaim-klaim tersebut tidak didukung oleh bukti yang memadai.

Reporter: Nur Hana Putri Nabila

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...