500 Orang Tewas Akibat Serangan Rudal di Rumah Sakit Gaza

Agustiyanti
18 Oktober 2023, 08:42
rumah sakit, gaza, serangan di rumah sakit di gaza, israel, palestina
Antara/Anadolu
Petugas medis membawa korban serangan Israel ke sebuah rumah sakit di Gaza.

Sekitar 500 warga Palestina tewas dalam ledakan di sebuah rumah sakit di Kota Gaza pada Selasa (17/10). Ini adalah insiden tunggal paling mematikan sejak perang antara Israel dan Hamas meletus. 

Otoritas kesehatan di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas mengatakan serangan udara Israel menyebabkan ledakan tersebut. Sementara itu, militer Israel mengaitkannya dengan kegagalan peluncuran roket yang dilakukan oleh kelompok militan Jihad Islam Palestina.

Mengutip Reuters, Seorang kepala pertahanan sipil Gaza mengatakan 300 orang tewas dalam ledakan itu, tetapi seorang pejabat kementerian kesehatan mengatakan terdapat 500 orang tewas. Media belum dapat memverifikasi secara independen siapa yang bertanggung jawab atas ledakan tersebut.

Sebelum ledakan kemarin terjadi, otoritas kesehatan di Gaza mengatakan sedikitnya 3.000 orang tewas dalam pemboman Israel selama 11 hari yang dimulai setelah serangan Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan.

Gaza yang merupakan jalur sepanjang 45 km dan dihuni 2,3 juta orang berada di bawah kendali Hamas sejak 2006. Organisasi ini dicap sebagai teroris oleh Amerika Serikat. 

Hamas mengatakan, sebagian besar korban dari ledakan ini adalah para pengungsi. Menteri Kesehatan Otoritas Palestina Mai Alkaila menuduh Israel melakukan pembantaian.

Rumah sakit yang terletak di Gaza Tengah dan dijalankan oleh Keuskupan Episkopal Yerusalem menjadi salah satu tempat perlindungan ribuan warga Palestina yang tengah mencari perlindungan di tengah serangan udara brutal Israel di sebagian besar jalur Gaza.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...