Israel Serang Rumah Sakit Indonesia di Gaza

Safrezi Fitra
10 November 2023, 15:27
Israel serang rumah sakit indonesia di Gaza, rumah sakit indonesia, israel serang rumah sakit, perang israel hamas, palestina, gaza, Alasan Israel Serang Rumah Sakit Indonesia, Respons Indonesia Atas Serangan Israel ke Rumah Sakit
Ashraf Amra/Reuters
Ilustrasi, gedung di Gaza yang hancur terkena serangan rudal Israel.

Rumah Sakit Indonesia menjadi sasaran penyerangan rudal Israel pada Kamis 10 November 2023. Area sekitar RS Indonesia di Gaza utara ini terkena serangan 11 rudal dalam satu hari.

Direktur RS Indonesia di Gaza, Atef Kahlout, mengatakan rumah sakit itu hancur imbas pemboman Israel. "Pecahan besar peluru terbang ke rumah sakit," ungkap Kahlout, dikutip Al Jazeera Kamis (10/11).

Serangan di area sekitar RS Indonesia terekam dalam sebuah video yang disebar di media sosial. Di video tersebut tampak cahaya terang muncul di langit dekat gedung rumah sakit dan terdengar beberapa kali ledakan. Sejumlah orang yang berada di sekitar RS dan yang ada di dalam tenda berlarian mencari tempat berlindung.

Pemboman itu menewaskan 20 warga Palestina dan puluhan terluka. Kantor berita Palestina, WAFA, melaporkan beberapa fasilitas Rumah Sakit Indonesia mengalami kerusakan serius. RS Indonesia menjadi fasilitas medis yang tersisa di Gaza sekaligus menjadi tempat pengungsian warga.

Padahal, Rumah Sakit Indonesia di Gaza menjadi satu-satunya harapan bagi warga yang berada di Gaza Utara, di tengah agresi Israel. RS Indonesia masih berdiri utuh di tengah gempuran Israel di Gaza, namun terancam lumpuh operasionalnya karena keterbatasan BBM untuk generator listriknya.

Rumah sakit-rumah sakit lain di wilayah Gaza sudah banyak yang hancur dan berhenti beroperasi akibat serangan dan keterbatasan BBM. Mengutip BBC, Rabu (8/11) Direktur WHO untuk Mediterania Timur, Dr Ahmed Al-Mandhari, mengatakan dari total 35 rumah sakit di Gaza, sekitar 15 rumah sakit di Gaza tidak lagi berfungsi.

Alasan Israel Serang Rumah Sakit Indonesia

Serangan ini terjadi beberapa hari setelah tentara Israel (IDF) mengklaim Rumah Sakit Indonesia di Gaza menjadi bagian dari aktivitas kelompok militan Palestina, Hamas.

IDF Israel melalui akun X resminya, SachaRoytman memberikan sebuah video dengan keterangan bahwa Hamas memanfaatkan rumah sakit sebagai pusat komando dan infrastruktur sipil untuk operasinya. Dalam video yang diunggah di sosial media X memperlihatkan pintu masuk terowongan di Rumah Sakit Indonesia di Bait Lahia, Gaza.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...