Efek Boikot Pro Israel, Pabrik Soda Lokal di Mesir Banjir Permintaan

Agustiyanti
24 November 2023, 10:27
boikot, boikot produk israel, palestina
ANTARA FOTO/REUTERS/Christian Monterrosa/hp/cf
Ilustrasi.

Aksi boikot produk pro Israel yang merebak di wilayah Timur Tengah sebagai solidaritas terhadap penderitaan warga Palestina menjadi berkah bagi perusahaan minuman bersoda tertua di Mesir, Spiro Spathis. Permintaan terhadap minuman bersoda lokal ini naik hingga berkali lipat. 

Didirikan pada tahun 1920 oleh seorang peternak lebah Yunani dari Kefalonia yang menyandang namanya, “Spathis” telah menjadi bagian dari kehidupan Mesir. Berkat kampanye nasional untuk memboikot produsen-produsen Barat yang mendukung Israel, merek berusia satu abad ini laris di pasar. 

“Saya sudah menjual minuman mereka selama empat tahun. Selalu ada beberapa konsumen yang lebih menyukai Spiro dibandingkan minuman lain, tapi tidak banyak,” kata Mohammed, pemilik toko kelontong di Provinsi Sharqia, Mesir, seperti dikutip dari Aljazeera, Jumat (24/11). 

Ia bercerita, minuman bersoda tersebut sangat laris dalam sebulan terakhir sejak perang di Gaza, Palestina meletus. "Kalau sebelum boikot, saya jual empat, mungkin lima kotak Spathis dalam seminggu, sekarang saya bisa jual sebanyak 50 kotak dalam sehari kalau stok sebanyak itu,” kata dia.

Kepala pemasaran sekaligus salah satu pemilik perusahaan, Morcus Talaat mengatakan bahwa permintaan terhadap produk mereka naik hingga tiga kali lipat. 

“Kami telah menerima ratusan telepon dari klien baru dan tawaran dari restoran," kata dia. 

Spiro Spathis telah melakukan upaya rekrutmen dan menerima lebih dari 15.000 pelamar untuk memenuhi permintaan yang melonjak.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...