Israel Inginkan Adanya Zona Penyangga di Gaza Pasca Perang

Image title
3 Desember 2023, 16:33
Israel
Antara
Ilustrasi, aktivitas militer Israel di Jalur Gaza.

Israel dilaporkan telah memberi tahu beberapa negara Arab tentang rencana pembuatan zona penyangga di perbatasan Gaza sisi Palestina, untuk mencegah serangan di masa depan. Ini merupakan bagian dari proposal untuk wilayah kantong setelah perang berakhir.

Mengutip The Business Standard, Israel menginformasikan rencananya tersebut dengan Mesir, Yordania, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, yang telah menormalisasi hubungan dengan Israel pada 2020.

Rencana pembentukan zona penyangga ini, tidak mengendurkan niat Israel untuk terus menyerang Gaza. Melainkan, untuk menunjukkan bahwa Tel Aviv telah menjangkau lebih dari mediator dari negara-negara Arab yang sudah mapan,dalam upaya membentuk perdamaian pasca-perang di Gaza.

Hingga saat ini, baik pemerintah Mesir, Saudi, dan Yordania, belum mengeluarkan pernyataan terkait rencana zona penyangga tersebut. Namun, seorang pejabat Uni Emirat Arab mengatakan, bahwa negaranya akan mendukung segala pengaturan pasca perang di masa depan yang disepakati oleh semua pihak terkait, untuk mencapai stabilitas dan terbentuknya negara Palestina.

Mengutip Reuters, Sabtu (2/21), Penasihat Kebijakan Luar Negeri untuk Perdana Menteri Israel, Ophir Falk, mengatakan bahwa rencana yang disampaikan kepada negara-negara Arab jauh lebih rinci dari sekadar pembentukan zona penyangga.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...