Pneumonia Merebak, Senator AS Desak Biden Larang Perjalanan ke Cina

Amelia Yesidora
4 Desember 2023, 15:23
pneumonia, cina, joe biden
ANTARA FOTO/Media Center G20/Akbar Nugroho Gumay/wsj.
Presiden Amerika Serikat Joe Biden memberikan keterangan kepada media di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11/2022).

Lima orang senator dari Partai Republik meminta Presiden Joe Biden melarang perjalanan antara Amerika Serikat dan Cina.  Hal ini dikarenakan tingginya kasus pernafasan di Negeri Panda.

Kelima senator yang dimaksud adalah Marco Rubio, J.D. Vance, Rick Scott, Tommy Tuberville, dan Mike Braun. Pembatasan bisa dilakukan hingga AS bisa mengetahui dampak penyakit tersebut.

“Kita harus membatasi perjalanan antara Amerika Serikat dan Cina secepatnya, sampai kita tahu lebih banyak terkait bahaya dari penyakit tersebut,” tulis Marco Rubio dalam sebuah surat, dilansir dari Reuters, Senin (4/12).

Juru Bicara Kedutaan Cina di Washington, Liu Pengyu, merespons surat Rubio tersebut. Menurutnya, itu adalah klaim yang direkayasa dan bertujuan buruk. “Cina dengan tegas menentang itu,” katanya. 

Minggu lalu, Organisasi Kesehatan Dunia sudah meminta informasi lebih lanjut atas munculnya pneumonia ini. Hal ini berdasarkan laporan Program Pemantauan Penyakit Baru WHO yang menyebut adanya klaster pneumonia misterius pada anak-anak. 

Penjabat direktur departemen kesiapsiagaan dan pencegahan epidemi dan pandemi WHO, Maria Van Kerkhove, menjelaskan bisa jadi ada hubungan antara pneumonia dan pandemi Covid-19 dua tahun belakangan.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...