Siap-siap, Australia Bakal Perketat Visa untuk Pelajar, Pekerja Migran

Hari Widowati
11 Desember 2023, 08:56
Ilustrasi Visa Australia.
www.vecteezy.com
Pemerintah Australia akan memperketat peraturan visa untuk pelajar internasional dan pekerja berketerampilan rendah.

Pemerintah Australia akan memperketat peraturan visa untuk pelajar internasional dan pekerja berketerampilan rendah. Kebijakan ini berpotensi mengurangi separuh dari jumlah pendatang dalam dua tahun ke depan karena pemerintah ingin merombak apa yang dikatakannya sebagai sistem migrasi yang rusak.

Keputusan ini diambil setelah imigrasi bersih diperkirakan akan mencapai rekor 510.000 pada tahun 2022-2023. Data resmi menunjukkan bahwa angka tersebut diperkirakan akan turun menjadi sekitar seperempat juta pada tahun 2024-2025 dan 2025-2026, kira-kira sejalan dengan tingkat sebelum Covid-19.

"Kami telah bekerja sepanjang waktu untuk mencapai keseimbangan terbaik dalam sistem migrasi Australia," kata Menteri Dalam Negeri Clare O'Neil menjelang peluncuran resmi strategi migrasi baru pemerintah, seperti dikutip Reuters, pada Senin (11/12).

O'Neil mengatakan reformasi yang ditargetkan pemerintah telah memberikan tekanan pada migrasi bersih ke luar negeri, dan akan berkontribusi lebih lanjut pada penurunan yang diharapkan. Peningkatan migrasi bersih ke luar negeri pada tahun 2022-2023 sebagian besar didorong oleh pelajar internasional.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...