Deretan Tsunami Terbesar yang Mengguncang Jepang

Safrezi Fitra
2 Januari 2024, 18:02
Deretan Tsunami Besar yang Mengguncang Jepang, tsunami terbesar di jepang
KCP International
Button AI Summarize

Gempa bumi dengan magnitudo 7,5 mengguncang Jepang saat orang-orang merayakan Tahun Baru 2024 pada Senin sore (1/1), waktu Jepang. Gempa ini cukup besar hingga memicu gelombang tsunami.

Pusat gempa berada pada kedalaman 10 kilometer di bawah tanah, yang berlokasi tak jauh dari Noto, Prefektur Ishikawa. Tak hanya sekali, ada total 155 kali gempa yang mengguncang Jepang pada hari itu.

Badan Meterologi Jepang (JMA) melaporkan gelombang tsunami setinggi 40 sentimeter hingga 1,2 meter menghantam sejumlah pesisir pantai Jepang pascagempa. Tsunami juga terjadi di Kota Toyama dengan ketinggian 80 cm, Kanazawa dengan ketinggian 70 cm, hingga Niigata dengan ketinggian 30 cm.

Pada Selasa (2/1), otoritas Jepang telah mencabut peringatan tsunami. Kyodo News melaporkan lebih dari 24 orang tewas akibat gempa dan tsunami tersebut. Meski begitu, belum ada laporan rinci mengenai total jumlah korban meninggal dan luka-luka.

Jepang memang sudah sering terjadi gempa dan tsunami selama berabad-abad. Bahkan, kata tsunami berasal dari bahasa Jepang, yang artinya gelombang air laut yang besar di pelabuhan. Data JMA mencatat gempa seperti kemarin terakhir kali tercatat pada tahun 2018 di Hokkaido.

Salah satu Tsunami paling parah di Jepang terjadi pada 11 Maret 2011. Tsunami ini dipicu dari laut pada kedalaman 32 km dengan kekuatan 9,1 di lepas pantai Sanriku.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...