Israel Akan Hadapi Dakwaan Genosida Gaza di Mahkamah Internasional

Hari Widowati
11 Januari 2024, 11:30
Israel bersiap untuk membela diri di pengadilan tertinggi PBB terhadap tuduhan genosida di Gaza, pada Kamis (11/1).
Dokumentasi ICJ
Israel bersiap untuk membela diri di pengadilan tertinggi PBB terhadap tuduhan genosida di Gaza, pada Kamis (11/1).
Button AI Summarize

Israel bersiap untuk membela diri di pengadilan tertinggi PBB terhadap tuduhan genosida di Gaza, pada Kamis (11/1). Kasus ini diajukan oleh Afrika Selatan pada Desember lalu. Afrika Selatan menyebut perang Israel melawan Hamas di Gaza melanggar Konvensi Genosida 1948.

Mahkamah Internasional di Den Haag, yang juga dikenal sebagai Pengadilan Dunia, akan mengadakan sidang pada hari Kamis (11/1) dan Jumat (12/1).

Melansir Reuters, juru bicara pemerintah Israel Eylon Levy mengatakan Israel akan hadir di hadapan Mahkamah Internasional untuk membantah fitnah yang tidak masuk akal dari Afrika Selatan. Israel juga menuduh Pretoria memberikan perlindungan politik dan hukum kepada "Rezim Pemerkosa Hamas".

Sidang akan membahas secara eksklusif permintaan Afrika Selatan untuk langkah-langkah darurat yang memerintahkan Israel untuk menangguhkan tindakan militernya di Gaza sementara pengadilan mendengar manfaat dari kasus ini. Proses sidang di Mahkamah Internasional bisa bisa memakan waktu bertahun-tahun. Kolombia dan Brasil menyatakan dukungan mereka terhadap Afrika Selatan, pada Rabu (10/1).

Israel melancarkan serangannya setelah para pejuang Hamas melakukan serangan lintas batas pada 7 Oktober. Israel menyebut serangan itu membuat 1.200 orang terbunuh dan 240 orang diculik.

Sejak saat itu, pasukan Israel telah membumihanguskan sebagian besar wilayah Gaza. Hampir seluruh penduduk Palestina yang berjumlah 2,3 juta jiwa telah diusir dari rumah mereka setidaknya satu kali, menyebabkan bencana kemanusiaan. Lebih dari 23.000 warga Palestina telah terbunuh.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...