Nasib WNI di Ekuador di Tengah Kerusuhan Geng Narkoba Bersenjata

Desy Setyowati
12 Januari 2024, 08:51
Ekuador, bos kartel narkoba kabur, wni di Ekuador,
YouTube DW News
Tentara bersiaga di tengah kerusuhan geng narkoba bersenjata di Ekuador
Button AI Summarize

Ekuador menetapkan keadaan darurat selama 60 hari setelah bos gembong narkoba Jose Adolfo Macias alias El Fito kabur dari penjara pada Senin (8/1). Bagaimana nasib Warga Negara Indonesia atau WNI?

Dalam catatan KBRI Quito 48 WNI di Ekuador. Kementerian Luar Negeri memastikan tidak ada WNI yang menjadi korban selama kekerasan geng narkoba di negara itu.

“Berdasarkan komunikasi dengan komunitas WNI, hingga saat ini tidak ada WNI yang menjadi korban,” kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu Judha Nugraha melalui pesan singkat, Jumat (12/1).

Sebagian dari WNI di Ekuador berprofesi sebagai paderi atau misionaris yang tersebar di wilayah terpencil di luar wilayah Guayaquil. Sementara sebagian lainnya yakni staf dan keluarga KBRI yang bermukim di Ibu Kota Quito.

“Secara khusus, KBRI telah memonitor kondisi WNI di Guayaquil. Tercatat satu WNI perempuan tercatat menetap di wilayah tersebut, tetapi saat ini yang bersangkutan tengah berada di luar Ekuador,” kata Judha.

Dia menjelaskan, KBRI terus menjalin komunikasi dengan para WNI dan menyusun rencana kontingensi untuk antisipasi jika terjadi eskalasi yang semakin memburuk.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...