Cina Krisis Demografi, Jumlah Penduduk Terus Berkurang

Agustiyanti
17 Januari 2024, 09:30
cina, populasi, ekonomi cina
ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song/RWA/dj
Ilustrasi. Perekonomian Cina tumbuh sebesar 5,2% tahun lalu.
Button AI Summarize

Jumlah penduduk Cina menurun selama dua tahun berturut-turut pada 2023. Ini menandai semakin dalamnya krisis demografi akan berdampak signifikan terhadap perekonomian terbesar kedua di dunia tersebut.

Biro Statistik Nasional (NBS) Cina turun 2,08 juta orang pada 2023 dibanding tahun sebelumnya menjadi 1,409 miliar.

NBS juga mengkonfirmasi bahwa perekonomian Cina tumbuh sebesar 5,2% tahun lalu. Angka ini sebenarnya lebih tinggi dibandingkan dengan target pemerintah sekitar 5%.

Pertumbuhan ekonomi Cina pada tahun lalu memang menandai peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun 2022 ketika perekonomian Tiongkok hanya tumbuh sebesar 3%. Namun, ini masih menjadi salah satu kinerja perekonomian terburuk negara tersebut dalam lebih dari tiga dekade.

Angka kelahiran di Cina juga turun ke rekor terendah baru yaitu 6,39 kelahiran per 1.000 orang, turun dari 6,77 kelahiran pada tahun sebelumnya dan merupakan tingkat terendah sejak berdirinya Komunis Tiongkok pada tahun 1949. Sebanyak 9,02 juta bayi dilahirkan, dibandingkan dengan 9,56 juta bayi pada tahun 2022. .

Populasi Cina menurun untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade pada tahun 2022. India pun pada tahun lalu menyalip posisi Cina sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia.


Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...