Jeff Bezos Geser Posisi Elon Musk, Kembali Jadi Orang Terkaya di Dunia

Hari Widowati
6 Maret 2024, 11:13
Jeff Bezos
NASA Robotics Competitions Sheyene Gerardi
Jeff Bezos merebut kembali gelar orang terkaya di dunia dari tangan Elon Musk dengan kekayaan bersih US$ 200 miliar.
Button AI Summarize

Jeff Bezos merebut kembali gelar orang terkaya di dunia dari tangan Elon Musk. Bloomberg Billionaires Index menunjukkan kekayaan bersih pendiri Amazon ini mencapai US$200 miliar atau sekitar Rp 3.120 triliun, sementara Musk berada di posisi kedua dengan US$198 miliar atau Rp 3.089 triliun.

Menurut laporan CNN, Bloomberg Billionaires Index menunjukkan Musk telah kehilangan kekayaannya sekitar US$31 miliar atau Rp 483,6 triliun dalam setahun terakhir. Sementara itu, kekayaan Bezos bertambah US$23 miliar atau Rp 358,8 triliun.

Saham Tesla telah jatuh lebih dari 7% pada Senin (4/3). Penurunan harga saham Tesla berlanjut sebesar 3,93% ke level US$180,74 pada Selasa (5/3).

Musk merebut kembali gelar orang terkaya di dunia pada Mei 2023, mengungguli CEO LVMH (LVMHF) Bernard Arnault. Arnault merupakan pemilik salah satu konglomerasi terbesar di dunia yang memiliki merek-merek seperti Louis Vuitton, Dior, dan Celine.

Tiga centibillionaire - Musk, Arnault, dan Bezos - telah bersaing satu sama lain untuk memperebutkan posisi teratas selama berbulan-bulan. Arnault telah memegang gelar tersebut karena kekayaannya meningkat karena ledakan penjualan barang-barang mewah yang membantu menaikkan harga saham LVMH.

Awal tahun ini, hakim pengadilan negara bagian Delaware membatalkan paket gaji Musk untuk tahun 2018 - senilai lebih dari $50 miliar - yang membantu membuatnya menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Saham Tesla juga sudah merosot sekitar 24% dari tahun ke tahun.

Tentu saja, gelar orang terkaya di dunia dapat berganti setiap beberapa bulan, tergantung pada kinerja pasar. Musk dan Arnault masih menyimpan banyak kekayaan. Menurut laporan Ketidaksetaraan Tahunan Oxfam International, sejak 2020, kekayaan bersih lima orang terkaya di dunia telah meroket 114% menjadi total US$869 miliar atau Rp 13.469 triliun, setelah memperhitungkan inflasi.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...