Simon Harris, Calon Perdana Menteri Termuda di Irlandia

Hari Widowati
25 Maret 2024, 13:17
Simon Harris, Perdana Menteri Irlandia termuda.
Youtube France 24
Simon Harris yang berusia 37 tahun bakal menggantikan Leo Varadkar sebagai Taoiseach (Perdana Menteri) termuda dalam sejarah Irlandia.
Button AI Summarize

Partai yang memerintah di Irlandia, Fine Gael, telah menunjuk Simon Harris sebagai pemimpin barunya. Harris yang berusia 37 tahun bakal menggantikan Leo Varadkar sebagai Taoiseach (Perdana Menteri) termuda dalam sejarah Irlandia.

Varadkar mengumumkan pengunduran dirinya secara mengejutkan pada 20 Maret lalu dengan alasan pribadi dan politik. Varadkar telah menjadi berita utama pada 2017 ketika dia menjadi perdana menteri termuda dalam sejarah Irlandia pada usia 38 tahun.

"Ini adalah kehormatan mutlak dalam hidup saya untuk secara resmi berada di sini bersama Anda hari ini di Athlone untuk menerima kepemimpinan partai besar ini, partai besar kita," kata Harris dalam pidato penerimaannya pada konferensi partai Fine Gael di daerah Irlandia, West Meath, pada Minggu (24/3) sebagaimana dikutip CNN.

Dalam pidatonya, Harris berterima kasih kepada rakyat Irlandia yang memilih partainya, Fine Gael, untuk kembali berkuasa. "Saya ingin berterima kasih atas kepercayaan Anda. Saya ingin berjanji dan berikrar kepada Anda hari ini bahwa saya akan membayar kepercayaan tersebut dengan kerja keras dengan darah, keringat dan air mata, hari demi hari dengan tanggung jawab, dengan kerendahan hati, dan dengan kesopanan," katanya.

Harris juga memberikan pujian kepada Varadkar atas kepemimpinannya yang luar biasa. "Setiap kali dia [Varadkar] menyampaikan, apakah itu ancaman eksistensial Brexit dan COVID atau kontribusinya pada momen-momen penting dalam perubahan sosial di negara ini. Saya tahu dan percaya bahwa warisannya sangat penting sejak tahun 2010," kata Harris.

Harris pernah menjabat sebagai menteri pendidikan lanjutan dan pendidikan tinggi Irlandia. Menurut situs Fine Gael, Harris juga pernah menjabat sebagai menteri kesehatan negara itu dari Mei 2016 hingga Juni 2020.

Pengunduran Diri Leo Varadkar yang Mengejutkan

Leo Varadkar mengirim gelombang kejut ke seluruh Irlandia ketika ia secara terbuka mengumumkan bahwa ia "bukan lagi orang yang tepat" untuk memimpin negaranya. Ia mengejutkan para jurnalis, anggota parlemen oposisi, dan bahkan anggota pemerintahannya sendiri dengan keputusannya untuk mengundurkan diri karena apa yang disebutnya sebagai alasan "pribadi" namun "terutama alasan politis".

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...