Susul Bolivia, Kolombia akan Putus Hubungan Diplomatik dengan Israel

Muhamad Fajar Riyandanu
2 Mei 2024, 15:06
kolombia, israel, gaza
ANTARA FOTO/REUTERS/Luisa Gonzalez/RWA/dj
Gustavo Petro gestures during his swearing-in ceremony at Plaza Bolivar, in Bogota, Colombia August 7, 2022. REUTERS/Luisa Gonzalez/rwa. *** Local Caption *** Gustavo Petro mengangkat tangan saat dirinya dilantik sebagai Presiden Kolombia di Plaza Bolivar, Bogota, Kolombia, Minggu (7/8/2022).
Button AI Summarize

Kolombia memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel. Langkah ini sebagai respons terhadap Israel yang terus menerus melakukan serangan ke Jalur Gaza sejak Oktober 2023.

Presiden Kolombia Gustavo Petro melancarkan kritik kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang ia sebut melancarkan genosida lewat sejumlah serangan militer di Jalur Gaza.

Petro mengatakan Kolombia berkomitmen untuk bergabung dengan Afrika Selatan guna mendukung pengusutan pembunuhan massal yang dituduhkan kepada Israel di forum Mahkamah Internasional atau International Court Of Justice (ICJ).

Petro mengumumkan komitmen itu saat memberikan orasi di tengah masa buruh yang berkumpul di Bogota untuk memperingati Hari Buruh Internasional.

"Kami akan memutuskan hubungan diplomatik dengan negara Israel karena memiliki pemerintahan yang melakukan genosida,” kata Petro sebagaimana diberitakan oleh Reuters pada Rabu (1/5).

Pada momen tersebut, Petro juga mendorong para pimpinan negara untuk berada menyatakan sikap serupa. Menurutnya, aksi militer Israel di Jalur Gaza perlu segera dihentikan.

"Negara-negara (lain) tidak bisa pasif dalam menghadapi kejadian di Gaza," ujar Petro.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...