16 Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Dwi Latifatul Fajri
8 September 2021, 16:15
cara menghilangkan bau ketiak
Garon Piceli/Pexels
Ilustrasi cara menghilangkan bau ketiak.

Bau ketiak menjadi masalah sehari-hari dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. penyebabnya adalah tertutupnya kelenjar keringat. Padahal, kelenjar ini dapat berfungsi untuk mendinginkan tubuh.

Ketika kelenjar keringat pada ketiak tertutup, maka bagian tubuh ini menjadi tempat yang lembap dan berbau. Berikut ini  cara menghilangkan bau ketiak menggunakan bahan alami.

Advertisement

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Alami

1. Pakai Deodoran yang sesuai

Pakai deodoran yang baunya Anda sukai. Beberapa produk ada yang sangat menyengat. Bahkan ada pula yang aromanya hilang usai pemakaian. 

Temukan deodoran yang sesuai di toko. Contohnya, yang mengandung bahan soda kue atau minyak pohon teh. Kedua bahan ini efektif menghilangkan bau tidak sedap.

2. Buat deodoran alami

Anda bisa membuat deodoran alami untuk menghilangkan bau ketiak. Langkah ini sesuai untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Anda bisa menggunakan cuka apel yang dicampur dengan air. Bisa juga campuran jus lemon dan air untuk deodoran alami.

3. Atur suhu badan

Jika beraktifitas di dalam ruangan, hindari melakukan gerakan yang membuat berkeringat. Keringat memang baik untuk tubuh, tapi beberapa orang memiliki bau keringat di ketiak yang berbeda. Hal ini bisa mengganggu meski sudah memakai deodoran.

4. Pakai minyak esensial

Minyak esensial baunya segar dan ringan. Bau minyak ini hampir sama seperti parfum atau cologne. Contoh minyak esensial untuk mencegah bau ketiak adalah minyak almond.

Teteskan lima sampai sepuluh tetes minyak esensial yang aromanya Anda sukai. Kemudian oleskan di pakaian atau badan. 

5. Hindari makanan berbau

Beberapa makanan bisa membuat bau badan dan bau mulut. Sebelum memulai aktifitas sebaiknya pilih makanan yang tidak berpengaruh ke badan.

Beberapa makanan, seperti bawang merah, bawang putih, sampai jengkol, dapat mempengaruhi bau badan. Sedangkan, brokoli dan kembang kol bisa mempengaruhi indera penciuman.

Kurangi makan ikan tuna dan salmon karena mengandung kolin. Kedua ikan tersebut mengandung sejenis vitamin B yang menghasilkan bau menyengat. Orang yang sering mengonsumsi kedua ikan ini mengeluarkan kolin dalam keringat selama satu hari.

6. Bawa baju ganti

Beberapa orang yang bekerja di luar ruangan, lebih banyak mengeluarkan keringat. Bawa pakaian ganti dan bersihkan badan ketika beristirahat. Biasanya keringat menempel di pakaian dan membuat bau.

7. Jangan pakai pelembut kain

Pelembut kain berada di permukaan serat pakaian dan mencegah aliran udara. Padahal pakaian membutuhkan aliran udara untuk mengurangi penyerapan bau badan dan keringat. Pelembut kain biasanya dipakai ketika mencuci baju. Sebaiknya jangan memakai pelembut kain.

Pelembut kain mencegah penguapan udara yang dibutuhkan untuk mencegah bakteri. Hal ini juga membuat deterjen sulit masuk ke dalam serta kain. Pelembut kain juga dapat membuat iritasi kulit.

8. Pakai cuka apel dan soda

Pakaian olahraga dan pakaian kerja biasanya sering berbau. Untuk mengurangi bau pada pakaian gunakan satu cangkir soda kue untuk menghilangkan bau. Bisa juga mencampur dengan cuka untuk hasil maksimal.

Caranya, tuang satu sampai dua cangkir cuka ke dalam bak berisi air hangat. Rendam pakaian ke dalam bak tersebut sebelum dimasukkan ke mesin cuci.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement