12 Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan dan Diet

Dwi Latifatul Fajri
2 November 2021, 09:02
Asam Jawa
pixabay.com/PublicDomainPictures
Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan

Asam Jawa (Tamarind) digunakan sebagai pengobatan tradisional dan terapi. Bagian daging buah mengandung nutrisi yang bisa meningkatkan kesehatan. Manfaat asam jawa untuk kesehatan seperti mencegah penyakit tulang, menambah kesehatan otak, dan mengandung antioksidan tinggi.

Asam Jawa masuk dalam tumbuhan polong-polongan karena buahnya yang mirip kacang polong. Buah asam jawa rasanya asam dan sedikit manis ketika matang. Bagian buah bisa dimakan mentah atau diolah.

Di Indonesia, asam Jawa dijadikan sebagai bumbu rempah-rempah, jamu, dan bumbu masakan. Di beberapa negara Asam Jawa bisa diolah menjadi semur, saus, dan hidangan penutup.

Manfaat Asam Jawa untuk Diet

Asam Jawa bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga hati, dan mencegah penyakit jantung. Selain baik untuk kesehatan, asam jawa baik untuk diet dan mengurangi berat badan.

Asam jawa mengandung serat dan rendah lemak yang baik untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat seperti flavonoid dan polifenol bisa meningkatkan metabolisme untuk menurunkan berat badan.

Mengutip dari indiatimes.com, serat bisa meningkatkan menekan rasa lapar sehingga bisa mengurangi keinginan untuk terus makan. Manfaat lainnya adalah melancarkan buang air besar. Asam jawa mengandung asam hidroksisitrat yang berguna untuk mengurangi nafsu makan dan menghambat enzim amilase. Enzim ini bertanggung jawab mengubah karbohidrat menjadi lemak.

Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan

1. Kesehatan gigi

Mengutip dari hellosehat.com, sebuah penelitian dilakukan oleh ahli kimia dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember. Dari hasil penelitian tersebut, menemukan asam jawa mengandung antibakteri yang bisa menjaga kebersihan gigi.

Penelitian tersebut melakukan uji coba efek bakteri dari hasil rendaman daun asam jawa. Kesimpulan dari penelitian berkumur memakai air rendaman daun asam jawa, bisa mencegah gigi berlubang dan mengatasi plak gigi.

Daun asam jawa mengandung etanol dan klorin yang bisa membunuh bakteri. Bakteri seperti Streptococcus dan Lactobacillus menyebabkan lubang pada gigi bisa berkurang jika mengkonsumsi asam jawa.

2. Menyehatkan Pencernaan

Asam Jawa bisa digunakan sebagai obat pencahar alami. Asam Jawa mengandung serat yang bisa melarutkan dan mempermudah proses pencernaan. Kandungan buah ini bisa merangsang aktivitas empedu dan asam empedu untuk penyerapan lemak dan vitamin yang larut dalam usus.

Penelitian dari Food Chemistry, menemukan protein larut dan asam amino dalam asam jawa membantu pencernaan. Jika anda mengalami sembelit atau susah buang air besar, cobalah konsumsi asam jawa. Asam jawa mengandung serat yang bisa mencegah diare.

3. Kesehatan Jantung

Menurut jurnal Food and Chemical Toxicology, asam jawa bisa membantu menurunkan kolesterol LDL (jahat). Serat pada buah ini bisa membantu mengikis kolesterol jahat dari pembuluh darah dan arteri.

Mengutip dari organic facts.net, penelitian yang diterbitkan tahun 2013 menemukan asam jawa bisa membersihkan kolesterol jahat, menekan trigliserida, dan menghambat kolesterol.

4. Mencegah diabetes

Karbohidrat bisa meningkatkan kadar glukosa dan insulin yang bisa menyebabkan diabetes. Asam jawa mengandung enzim alfa-amilase yang bisa menghentikan penyerapan karbohidrat dalam tubuh.

5. Anti-inflamasi

Asam Jawa bisa digunakan sebagai minyak atsiri yang mengandung anti-inflamasi. Kandungan ini bisa mengurangi arthritis, rematik, nyeri sendi, peradangan, dan asam urat.

Selain itu asam jawa bisa mengurangi iritasi mata seperti konjungtivitis/mata merah muda. Anti-inflamasi pada asam jawa ini bisa menjadi obat herbal dan mencegah peradangan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...