5 Bacaan Surat Pendek untuk Salat Lima Waktu yang Mudah

Image title
8 November 2021, 18:00
salat lima waktu
ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/wsj.
Umat Islam mendengarkan khotbah Jumat saat pelaksanaan ibadah Salat Jumat pertama dalam bulan Ramadhan 1442 H di Masjid Al Markas Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (16/4/2021). Pelaksanaan Salat Jumat pertama dalam bulan Ramadhan 1442 H di masjid tersebut menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

Bagi umat Islam, menunaikan salat lima waktu hukumnya adalah wajib. Jika dikerjakan akan menuai pahala, namun bila ditinggalkan mendapat dosa. Salat dikenal sebagai tiang agama. Artinya, langkah awal untuk menjadi muslim yang taat ialah dengan rutin mengerjakan salat lima waktu setiap hari

Mendirikan salat lima waktu, bisa dilakukan sendiri di rumah. Akan tetapi, umat muslim sangat dianjurkan mengerjakannya secara berjamaah di masjid. Sebab, seperti disebutkan dalam Al-Qur'an dan hadis, seseorang yang menunaikan salat wajib di masjid dengan berjamaah akan mendapat ganjaran pahala yang berlimpah.

Dilansir dari situs situs Jabar.kemenag.go.id, para ulama dari mazhab Hambali berpendapat jika salat berjamaah hukumnya adalah fardhu ain bagi setiap muslim laki-laki yang sudah baligh. Sedangkan ulama dari mazhab Hanafi, menyatakan hukum salat berjamaah adalah wajib. Sementara sebagian ulama dari mazhab Syafi'i dan Maliki, sepakat menyatakan hukum salat berjamaah yaitu fardhu kifayah. Kemudian, sebagian ulama lain menyatakan hukumnya sunnah muakkad.

Penjelasan di atas menunjukan bahwa para ulama sangat menganjurkan umat muslim mendirikan salat lima waktu secara berjamaah. Khususnya bagi laki-laki yang sudah baligh. Sebab, ia bisa menjadi imam untuk memimpin salat.

Berbicara mengenai imam salat, maka kurang lengkap rasanya jika tidak membahas surah atau surat Al-Qur'an yang dibacakan ketika menunaikan salat lima waktu. Bagi Anda yang sedang belajar untuk menjadi imam salat, bisa memulainya dengan bacaan surat pendek.

Surat pendek di dalam Al-Qur'an jumlahnya cukup banyak dan bisa dihafalkan dengan mudah. Kuncinya, rutin membaca dan mengamalkannya.

Dalam artikel kali ini, Katadata.co.id sudah merangkum 5 surat pendek Al-Qur'an yang bisa dibacakan oleh imam saat mendirikan salat wajib berjamaah. Khususnya bagi Anda yang sedang belajar jadi imam salat. Untuk penjelasan lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Keutamaan Salat Lima Waktu dalam Islam

Dalam menegakan rukun Islam, setelah mengucapkan dua kalimat syahadat, umat muslim diwajibkan mendirikan salat wajib lima waktu. Kemudian membayar zakat dan berpuasa selama satu bulan penuh pada bulan Ramadhan (bulan ke-9 tahun Hijriyah). Setelah itu jika dirasa sudah mampu, maka bisa menunaikan ibadah haji.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salat lima waktu hukumnya adalah wajib. Salat lima waktu terdiri dari salat subuh, zuhur, ashar, maghrib, dan isya.

Salah satu peristiwa besar di dalam agama Islam yang berkaitan dengan salat lima waktu yaitu Isra Mi'raj. Syekh Sulaiman Al-Bujairimi, seperti dikutip dari laman Islam.nu.or.id, menyatakan bahwa peristiwa Isra Mi'raj merupakan bukti kepedulian Nabi Muhammad SAW untuk seluruh umat muslim. Sebab, pada peristiwa tersebut terjadi pengurangan waktu salat.

Masih mengutip situs Islam.nu.or.id, meninggalkan ibadah salat lima waktu bukanlah sebuah perkara ringan. Ganjaran berat akan dihadapi oleh umat muslim yang lalai dan tidak menunaikannya.

Syekh Zainuddin al-Malibari dalam kitab Irsyadu al-‘Ibad pada pembahasan bab Fadhlish Shalatil Maktubah menyebutkan, ada 15 siksaan yang akan dirasakan bagi umat muslim yang meninggalkan salat. Bahkan, enam di antaranya bakal didapat di dunia. 

Berikut siksaan di dunia yang akan diberikan pada umat muslim yang tidak mengerjakan salat:

1. Dicabut keberkahan umurnya

2. Dihilangkan tanda-tanda kesalehan di wajahnya

3. Segala amal baiknya tidak akan mendapatkan pahala

4. Doanya tidak akan dikabulkan

5. Tidak mendapatkan bagian doa dari doanya orang-orang salih

6. Akan dibenci oleh kebanyakan orang

Dari semua penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa salat lima waktu, merupakan bagian penting yang harus dikerjakan oleh umat Islam. Fungsi dasarnya sebagai tiang dari agama Islam, menguatkan iman umat muslim yang senantiasa menunaikannya tepat waktu.

Niat Salat Lima Waktu untuk Imam

Dalam agama Islam, menunaikan ibadah salat lima waktu hukumnya adalah wajib. Allah SWT telah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 45, yang berbunyi: 

"Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat, dan ruku'lah bersama orang-orang yang ruku'". (QS. Al-Baqarah: 43).

Salat merupakan ibadah wajib yang harus dikerjakan umat muslim. Sehingga, bila ditinggalkan akan mendapat dosa. Salat wajib terdiri dari lima waktu yaitu subuh, zuhur, ashar, maghrib, dan isya. Merangkum dari berbagai sumber, berikut bacaan niat salat lima waktu untuk imam:

1. Bacaan Niat Salat Subuh untuk Imam

أُصَلِّي فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا لِلهِ تَعَالَى

“Ushalliy fardha-ssubhi rak’ataini mustaqbilal-qiblati adaa-an  imaaman lillahi ta’ala.”

Artinya: "Saya niat salat fardhu subuh dua rakaat dengan menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala".

2. Bacaan Niat Salat Zuhur untuk Imam

أُصَلِّي فَرْضَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا لِلهِ تَعَالَى

“Ushalliy fardha-zzhuhri arba’a raka’atin mustaqblilal-qiblati adaa-an imaman lillahi ta’ala.” 

Artinya: "Saya niat salat fardhu zuhur empat rakaat dengan menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala".

3. Bacaan Niat Salat Ashar untuk Imam

أُصَلِّي فَرْضَ العَصْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا لِلهِ تَعَالَى

 “Ushalliy fardhal-ashri arba’a raka’atin mustaqbilal-qiblati ada-an ma’muman lillahi ta’ala.” 

Artinya: "Saya niat salat fardhu ashar empat rakaat dengan menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala".

4. Bacaan Niat Salat Maghrib untuk Imam

أُصَلِّي فَرْضَ الْمَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا لِلهِ تَعَالَى

“Ushalliy fardhal-maghribi tsalatsa raka’atin mustaqbilal-qiblati adaa-an imaman lillahi ta’ala.”

Artinya: "Saya niat salat fardhu maghrib tiga rakaat dengan menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala".

5. Bacaan Niat Salat Isya untuk Imam

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...