Jajaran Kandungan Kacang Almond untuk Ibu Hamil hingga Diet

Image title
19 November 2021, 00:02
Kenali kandungan kacang almond, dan beragam manfaatnya untuk kesehatan hingga ibu hamil.
Pixabay.com/Engin_Akyurt
Kacang Almond

Kacang almond atau badam dikenal dengan rasanya yang gurih. Manfaat kacang almond untuk kesehatan juga cukup banyak. Salah satunya untuk ibu hamil, dan juga menunjang program penurunan berat badan alias diet. Untuk memperoleh manfaat, Anda perlu mengenali kandungan kacang almond yang kaya.

Jenis kacang yang satu ini harganya terbilang cukup mahal. Di e-commerce, harga kacang almond berkisar Rp 90 ribuan per kilogramnya. Kacang almond juga menjadi salah satu kacang termahal di dunia, mengutip dari Moneyinc.com.

Tumbuhan ini berasal dari subkeluarga Prunoidae dari keluarga Rosaceae, dan memiliki nama latin Prunus amygdalus.

Mengutip dari Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, ibu hamil bisa mendapatkan nutrisi harian dengan mengonsumsi susu, yogurt, keju, jus jeruk, ikan salmon, bayam, brokoli dan juga kacang almond.

Meski disebut kacang, almond sebenarnya masuk ke dalam kelompok biji-bijian. Banyak orang menyebutnya kacang, karena bentuknya. Kacang almond disebut sebagai tanaman yang berasal dari Iran dan negara di sekitarnya. Persebarannya dibawa oleh manusia kuno di sepanjang pantai Mediterania, Afrika Utara hingga Eropa Selatan.

Kacang almond yang bisa langsung dikonsumsi adalah biji yang sudah lepas dari cangkangnya. Hal ini juga yang membedakan kandungan kacang almond dengan jenis kacang lainnya.

Tak hanya bagus untuk ibu hamil, kacang almond juga baik untuk kesehatan. Manfaat kacang almond untuk kesehatan, salah satunya bisa digunakan untuk diet.

Kandungan Kacang Almond

Alasan kacang almond baik untuk kesehatan, bahkan untuk ibu hamil, salah satunya karena kandungan nutrisi di dalamnya yang berlimpah. 

Kandungan kacang almond per 100 gram adalah sebagai berikut:

Energi: 579 Kalori (Kal)

Protein: 21,15 g

Karbohidrat: 21,55 g

Serat: 12,5 g

Lemak: 3.802 g

Magnesium: 270 miligram (mg)

Kalsium: 269 mg

Mangan: 2.179 mg

Selain kandungan yang disebutkan di atas, kacang almond juga mengandung vitamin E, vitamin B kompleks seperti tiamina (B1), riboflavin (B2), niasin (B3), asam pantotenat (B5), vitamin B6 dan folat (B9).

Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil

Ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi, seperti sayuran, buah-buahan dan juga kacang-kacangan. Kacang almond juga bisa menjadi salah satu makanan yang baik untuk ibu hamil.

Selain kandungan kacang almond yang telah disebutkan di atas, jenis kacang yang merupakan tanaman asli dari Iran ini juga mengandung protein cukup tinggi. Sementara itu, protein memiliki peran penting untuk memberikan energi dan stamina untuk ibu hamil.

Sebagai informasi, protein yang terkandung dalam kacang almond, bagus untuk perkembangan bayi, juga mengurangi dampak kenaikan berat badan pada ibu hamil.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...