Kandungan Gizi dan Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Image title
3 Januari 2022, 17:26
Ilustrasi manfaat minyak zaitun untuk wajah
pixabay.com
Ilustrasi minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan produk olahan yang diambil dari ekstrak buah zaitun. Minyak ini dipercaya memiliki sejumlah khasiat, salah satu di antaranya yaitu manfaat minyak zaitun untuk wajah dan kulit.

Menurut literatur sejarah, minyak zaitun sudah digunakan sebagai obat alami, menjadi sumber makanan, hingga dipakai dalam upacara keagamaan. Dilansir dari Every Day Health, minyak zaitun adalah minyak yang diperas dari buah zaitun. Minyak tersebut sudah ada sejak 6.000 tahun dan berasal dari Iran, Suriah, Palestina, serta kawasan Mediterania.

Advertisement

Dalam bahasa Inggris minyak zaitun disebut olive oil. Minyak tersebut dikenal memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan jantung. Selain itu, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, manfaat minyak zaitun untuk wajah memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan minyak nabati lainnya.

Kandungan Gizi Minyak Zaitun

Mengutip dari Hello Sehat, kandungan gizi pada minyak zaitun sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Contohnya, ada sekitar 884 kalori dan 100 gram lemak di dalam 100 mililiter minyak zaitun yang bisa mencukupi 153 %  kebutuhan lemak harian seseorang.

Meskipun kandungan lemaknya tinggi, namun lemak yang ada di dalam minyak zaitun tergolong asam lemak tak jenuh tunggal, yang merupakan lemak baik untuk tubuh. Sehingga, tidak heran kalau minyak zaitun kerap digunakan sebagai bahan makanan yang bisa menyehatkan jantung.

Minyak zaitun dibuat dari buah zaitun yang sudah matang di pohonnya. Proses produksinya bisa dilakukan menggunakan cara tradisional maupun modern. Pada umumnya, buah zaitun yang sudah dipanen akan diolah menjadi berbentuk pasta dan langsung dituangkan ke dalam wadah. Dengan proses sentrifugasi, cairan minyaknya bakal terpisah dengan ampas buah zaitun.

Guna menjaga kualitasnya, produk akhir minyak zaitun kemudian disimpan dalam tangki stainless steel yang terlindung dari oksigen. Saat dibotolkan, minyak harus dimasukkan ke dalam botol kaca gelap agar tetap segar.

Mengutip dari Everydayhealth.com, dalam satu sendok makan kandungan gizi minyak zaitun antara lain sebagai berikut:

  • Asam lemak tak jenuh tunggal 9.9 gram
  • Gula 0 gram
  • Kalori 119
  • Karbohidrat 0 gram
  • Lemak jenuh 1,9 gram
  • Lemak tak jenuh ganda 1,4 gram
  • Lemak 13,5 gram
  • Protein 0 gram
  • Serat 0 gram

Berdasarkan rincian di atas, bisa diketahui kalau minyak zaitun memang mengandung lemak tak jenuh cukup tinggi. Tidak hanya itu saja, minyak zaitun diketahui merupakan sumber polifenol yang baik. Senyawa fitokimia ini bersifat sebagai antioksidan dan bisa menangkal radikal bebas.

Selain itu, berdasarkan salah satu studi yang diterbitkan pada Maret 2018 di jurnal BMJ Open, ditemukan sebuah fakta kalau minyak zaitun tidak mengubah atau meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Temuan ini dipublikasikan setelah para peneliti  membandingkan orang dewasa paruh baya, yang mengonsumsi sekitar tiga sendok mentega serta minyak zaitun selama empat minggu.

Sementara itu, manfaat minyak zaitun untuk wajah dan kulit berasal dari kandungan vitamin yang ada di dalamnya. Dilansir dari Healthline, berdasarkan laporan International Olive Council, minyak zaitun memiliki banyak vitamin, termasuk vitamin A, vitamin D, vitamin K, serta vitamin E.

Beragam manfaat minyak zaitun untuk wajah dapat diperoleh dengan mengkonsumsinya maupun mengoleskannya di area kulit. Lebih lanjut, berikut sejumlah manfaat minyak zaitun untuk wajah yang dihimpun dari Medical New Today, Treurer, dan sumber lainnya. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement