Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku dengan Mudah
Sama seperti e-commerce lainnya, Akulaku juga memiliki fitur pembatalan pesanan, yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya jika urung membeli barang tetapi sudah terlanjur melakukan pemesanan. Cara membatalkan pesanan di Akulaku cukup mudah, asalkan semua persyaratan sudah terpenuhi.
Akulaku merupakan salah satu platform jual-beli secara daring (online) atau e-commerce di Indonesia yang cukup populer. Pasalnya, startup ini tak hanya menghadirkan platform jual-beli, melainkan juga layanan finansial.
Seperti telah disebutkan, cara membatalkan pesanan di Akulaku cukup mudah. Berikut sejumlah cara melakukan pembatalan pesanan di Akulaku, serta persyaratan yang harus dipunhi untuk dapat melakukannya.
Syarat Membatalkan Pesanan di Akulaku
Sebelum mengetahui tata cara membatalkan pesanan di Akulaku, pengguna perlu untuk mengetahui dahulu syarat pembatalan pesanan. Ini bertujuan agar proses pembatalan bisa cepat ditangani dengan segera.
Berikut ini syarat yang harus hal yang harus diperhatikan sebelum membatalkan pesanan di Akulaku:
- Penjual tidak menunjukkan aktivitas yang menunjukkan tidak ada pemprosesan dalam jangka waktu lama terhadap produk yang dipesan.
- Mengkonfirmasi kesalahan barang seperti salah ukuran, warna maupun hal lainnya.
- Stok produk kosong, jika hal ini terjadi maka si pelapak atau penjual aktif akan langsung untuk menghubungi lewat WhatsApp sebagai bentuk konfirmasi.
Selain itu, pengguna juga perlu mengetahui jika proses pengajuan pembatalan pesanan akan tergantung pada pihak merchant yang bekerja sama dengan Akulaku. Sehingga proses membatalkan pesanan hanya dapat dilakukan oleh penjual yang menyetujuinya.
Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku
Apabila pengguna sudah memahami apa saja syarat ketentuan sebelum membatalkan pesanan di Akulaku, maka selanjutnya tinggal mengetahui bagaimana cara untuk membatalkan pesanan.
Cara membatalkan pesanan di Akulaku dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.
- Langkah pertama buka aplikasi Akulaku.
- Klik menu "Bills" untuk melihat limit sudah terpotong atau belum.
- Kemudian jika limit terpotong, klik "Pesananku", dan kemudian menunggu.
- Setelah itu, lihat "Hasil Pembayaran", yang meunjukkan pesanan akan di batalkan.
- Klik "Rincian Pesanan" untuk membatalkan pesanan.
- Klik "Konfirmasi".
- Langkah terakhir adalah kembali ke menu "Bills", di mana pengguna akan menerima informasi bahwa limit secara otomatis akan dikembalikan.
- Pesanan yang sudah dibayar dibatalkan.
Patut diingat, apabila akan membatalkan pesanan yang sudah dibayar, jangan terburu-buru melakukan pembatalan di Akulaku. Jika melakukan pembatalan pesanan yang sudah dibayar, maka proses refundnya akan lama. Oleh karena itu, lebih baik menunggu sampai pesanan itu diterima, baru melakukan pengajuan pembatalan pesanan.
Untuk pesanan yang belum dibayar juga bisa dilakukan pembatalan. Cara membatakan pesanan di Akulaku untuk barang yang belum dibayar ini cukup mudah, karena pengguna cukup mendiamkan. Sebab pesanan yang belum dibayar, akan dikenai masa tunggu 1 x 24 jam. Jika melewati waktu tersebut, maka pesanan secara otomatis dibatalkan oleh pihak Akulaku.
Alternatif Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku
Selain beberapa cara yang telah dijelaskan, ada juga alternatif cara membatalkan pesanan di Akulaku yang dapat dilakukan pengguna. Beberapa cara yang dimaksud antara lain.
1. Hubungi Penjual di Menu Pesananku
Pengguna juga bisa membatalkan pesanan dengan menghubungi pihak penjual di “Menu Pesananku”. Ini bisa dilakukan dengan melihat di bagian samping nama penjual, di mana ada tombol atau pilihan “Hubungi”. Melalui tombol ini, pengguna bisa menghubungi penjual secara langsung untuk meminta pembatalan pesanan.
2. Membatalkan Pesanan Lewat Chat
Selanjutnya jika pesanan di Akulaku dirasa bermasalah, maka pengguna bisa segera menghubungi penjual untuk meminta proses pembatalan pesanan. Jika saat mengirimkan chat untuk pembatalan tidak ada respon dan opsi lain dari pihak penjual, maka disarankan untuk menyimpan riwayat chat. Ini untuk bukti jika dibutuhkan guna melanjutkan proses pembatalan pesanan.
3. Membatalkan Pesanan Lewat CS Akulaku
Selain dua hal di atas, bagi pengguna yang ingin membatalkan pesanan juga bisa lakukan lewat customer service Akulaku. Cara membatalkan pesanan di Akulaku lewat fitur layanan customer service bisa dilakukan melalui beberapa kanal, yakni telepon, WhatsApp maupun e-mail.
Informasi mengenai layanan customer service Akulaku, baik melalui telepon, WhatsApp, dan e-mail adalah sebagai berikut.
Call Center Akulaku 24 jam : 1500920
Nomor WhatsApp Akulaku : 0811-1350-8161
Email Akulaku : cs.id@akulaku.com
Demikianlah pembahasan mengenai cara membatalkan pesanan di Akulaku. Patut diingat, cara pembatalan pesanan ini tidak harus terjadi. Oleh karena itu, sebelum membeli produk, ada baiknya mengerti betul spesifikasi produk yang sedang dilihat. Ini juga termasuk melihat reputasi penjual.