6 Tips Membaca Buku Agar Tidak Cepat Bosan

Destiara Anggita Putri
20 September 2022, 21:45
Tips Membaca Buku
Unsplash

Di tengah kesibukan sehari-hari, penting untuk memiliki hobi sebagai salah satu cara melepas stres. Banyak hobi yang bisa dilakukan, salah satunya membaca buku.

Membaca buku adalah kegiatan yang memiliki banyak manfaat karena dapat menambah pengetahuan, memperhalus perasaan, dan mempertajam daya ingat. Namun, akan ada masanya ketika muncul rasa bosan ketika tengah membaca buku. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui tips membaca buku agar menjadi menyenangkan.

Advertisement

Berikut merupakan tips membaca buku yang dapat membuat Anda tidak cepat bosan. 

1. Mulai Membaca Buku Kesukaan 

Tips membaca buku pertama yang bisa Anda lakukan adalah mulai dari membaca buku yang Anda sukai. Entah itu dari segi genre, jenis buku, topik atau hal lain yang membuat Anda tertarik untuk membacanya. Mislanya, bila Anda menemukan novel yang pas di hati Anda, maka ketika Anda membacanya, Anda seolah akan terhanyut ke dalam dunia lain seperti yang ada di dalam novel tersebut. 

Lantas, bagaimana cara menemukan buku yang Anda sukai? Anda bisa memulainya dari hobi Anda. Misalnya, bila Anda suka berkebun, Anda bisa mulai mencari buku tentang berkebun.  Pilihan lainnya, jika Anda suka menonton anime, maka bisa mencari buku komik.

2. Pilih Waktu Tepat

Tips membaca buku berikutnya yang bisa Anda coba adalah membaca buku di waktu yang tepat. Lantas, bagaimana caranya? Anda bisa menyelesaikannya dengan preferensi atau rutinitas harian Anda.

Bila Anda adalah seorang pegawai kantoran yang bekerja dari pagi hingga sore hari, Anda bisa mengalokasikan waktu di malam hari untuk membaca. Atau bila Anda merasa terlalu lelah di malam hari, Anda bisa melakukannya di pagi hari setelah Anda bangun tidur.

Dengan membaca buku di waktu yang tepat, Anda akan merasa bahwa membaca buku bukan lagi sebuah beban. Bahkan, membaca buku ini akan terasa seperti hiburan bagi Anda di tengah padatnya kegiatan sehari-hari.

3.  Pilih Tempat dan Suasana Mendukung

Salah satu penyebab kenapa Anda cepat bosan membaca buku adalah karena tempat dan suasana yang Anda pilih tidak cocok untuk membaca buku. Misalnya, Anda membaca di cafe yang sedai ramai pengunjung.atau di kamar Anda yang berantakan.

Sangat penting untuk memiliki tempat dan suasana yang mendukung ketika sedang membaca.Untuk memulai tips membaca  buku ini, Anda bisa melakukannya dengan melengkapi tempat membaca favorit Anda dengan  pencahayaan yang baik. Dengan demikian, mata Anda tidak akan cepat jenuh ketika membaca.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement