Jarang Diketahui, Begini Cara Membuat Barcode di Word Termudah

Image title
21 September 2022, 20:18
cara membuat barcode di word
ANTARA FOTO/AUDY ALWI
Dirut Bhinneka Life Wiroyo Karsono (kanan) dan VP Sales & Commerce GoPay Julius Emilio menunjukkan barcode, usai penandatanganan naskah kerjasama pembayaran premi nasabah Bhinneka Life melalui aplikasi GoPay, di Jakarta, Selasa (10/9/2019). Untuk memperluas cara bayar premi produk Bhinneka Assurance Keluarga Indonesia, perusahaan asuransi jiwa nasional PT Bhinneka Life Indonesia bekerjasama dengan GoPay melalui aplikasi Gojek, dengan cara nasabah melakukan scan kode QR yang tersedia di lebih dari 10 ribu ag

Cara membuat barcode di Word ternyata bisa dilakukan dengan mudah. Sebab, dalam hampir semua versi Microsoft Office telah menyertakan fitur bagi pengguna untuk melakukannya.

Barcode sendiri adalah kumpulan data optik yang dibaca oleh mesin. Fungsi utamanya yaitu untuk menyimpan detail informasi tentang sebuah produk atau barang.

Secara umum sebuah barang yang memiliki label barcode, bisa dilihat informasinya ketika dipindai. Biasanya, dalam label tersebut tersimpan beberapa data penting antara lain seperti nomor produk, kode produksi hingga tanggal kedaluwarsa.

Dewasa ini penggunaan barcode semakin masif. Bahkan salah satu jenisnya yakni kode QR, banyak dipakai dalam kegiatan online shop pada sebagian besar platform e-commerce.

Sama halnya dengan membuat kode QR, untuk menciptakan barcode seseorang memerlukan sebuah alat atau aplikasi khusus. Ini bertujuan agar informasi yang disematkan nantinya bisa terbaca saat proses scan.

Seperti yang sudah disebutkan di awal, kini Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari cara untuk menciptakan barcode. Sebab, sekarang software pengolah kata seperti Microsoft Word mampu melakukannya.

Lantas bagaimana cara membuat barcode di Word? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Membuat Barcode di Word Paling Mudah

Melansir dari laman Support Microsoft, aplikasi Word versi 2021 telah menghadirkan sejumlah fitur terbaru yang dapat digunakan oleh Anda. Apalagi tampilan antarmukanya sudah dikembangkan sesimpel dan semenarik mungkin, sehingga Anda akan lebih menemukan alat yang dibutuhkan.

Kelebihan lainnya dari Microsoft Word 2021 adalah keberadaan fitur Search, yang letaknya ada di bagian atas aplikasi.  Dengan alat ini, Anda bisa menemukan apa yang Anda cari dengan cepat, seperti teks, perintah, bantuan, dan juga fitur untuk menambah barcode di Word.

Perlu diingat, sekarang Word tidak menyediakan alat untuk membuat kode tersebut secara manual. Meski begitu, aplikasi ini telah menambahkan fitur barcode add-in guna menambahkan barcode pada lembar kerja di Word. 

Untuk membuat sebuah barcode dan menambahkannya ke dokumen yang sedang Anda buat di Word, berikut tutorialnya:

1. Unduh dan Siapkan Font Barcode 

Langkah pertama yang Anda harus lakukan untuk menambahkan barcode ke  Microsoft Word adalah dengan mengunduh font barcode terlebih dahulu. Font tersebut nantinya dipakai untuk menyusun informasi yang dibutuhkan.

Anda bisa mengunduh jenis font barcode bernama Free 3 of 9 Extended dan font IDAutomationHC39M free. Tinggal cari nama font tersebut di Google, lalu Anda akan diarahkan menuju situs yang menyediakannya. Kemudian unduh file tersebut dan simpan di perangkat Anda.

2. Instal Font Barcode di Komputer

File font yang telah diunduh bisanya akan tersimpan secara otomatis ke dalam folder Zip atau Rar. Ekstrak terlebih dahulu filenya, baru Anda bisa melakukan proses instal.

Untuk instal, Anda bisa klik dua kali pada file tersebut. Nantinya akan muncul jendela baru di layar komputer Anda. Di bagian sudut kanan atas, Anda bisa klik instal.

3. Cara Membuat Barcode di Word yang Sederhana

Setelah font tersebut berhasil diinstal, Anda bisa membuka Microsoft Word dan membuat dokumen baru. Mulailah untuk mengetikan angka atau kode yang ingin disisipkan sebagai barcode.

Langkah selanjutnya, ubah font yang dipakai menjadi font barcode. Caranya Anda bisa ketik nama font yang sudah diunduh tadi.

Sebagai catatan, pastikan Anda menambahkan tanda bintang (*) sebelum dan sesudah pada kode yang diketik. Misalnya seperti ini *Contoh12345*.

4. Simpan File 

Langkah terakhir dalam cara membuat barcode di Word adalah dengan menyimpan file tersebut ke komputer. Metodenya sama saja ketika Anda menyimpan dokumen, yakni menekan tombol shortcut CTRL + S.

Cara Membuat Kode QR di Microsoft Word

Kode QR adalah salah satu jenis barcode yang banyak digunakan saat ini. Untuk membuatnya, biasanya Anda memerlukan aplikasi atau situs tertentu.

Jika Anda ingin yang membuatnya lebih praktis, Anda bisa memanfaatkan software Microsoft Word. Untuk lebih jelasnya, simak tutorial berikut ini:

  • Buka Microsoft Word di komputer atau laptop milik Anda.
  • Buat lembar kerja baru.
  • Setelah itu di halaman utama Microsoft Word, klik Insert.
  • Lanjutkan dengan klik My Add-ins.
  • Pada kolom pencarian tulis QR Code.
  • Lalu pilih QR4Office.
  • Jika sudah, klik Add dan tekan tombol Continue.
  • Di bagian menu sebelah kanan, Anda perlu memasukkan link untuk akses informasi tersebut. 
  • Selanjutnya klik Insert.
  • Selamat, kode QR sudah berhasil dibuat di Microsoft Word.

Itulah pembahasan seputar cara membuat barcode di Word. Pahami semua langkah-langkahnya, kemudian coba buat barcode milik Anda sendiri.

Editor: Intan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...