7 Cara Membuat Brosur di Word Ini Simpel dan Menarik

Image title
21 September 2022, 20:09
cara membuat brosur di Word
ANTARA FOTO/Iggoy El Fitra
Ilustrasi secangkir Kopi Solok Radjo dan brosur coffee bothcamp di kawasan Nagari Aia Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Cara membuat brosur di Word bisa dilakukan dengan memanfaatkan template yang ada. Sehingga, pengguna software tersebut hanya perlu memilih desain yang diinginkan dan mengeditnya sesuai selera.

Di era kecanggihan teknologi seperti sekarang ini, membuat brosur dengan desain menarik dan bagus bukanlah sesuatu yang sulit. Sebab, banyak sekali aplikasi gratis yang bisa digunakan. 

Salah satu aplikasi di smartphone yang sangat populer untuk urusan desain adalah Canva. Di dalam aplikasi ini terdapat ribuan template keren yang bisa dimanfaatkan baik itu untuk membuat poster, logo, feed media sosial, sampai brosur.

Menariknya, jika Anda malas untuk memasang aplikasi tersebut di ponsel, Anda tetap bisa membuka Canva dengan mengunjungi situs resminya. Namun, kalau itu hanya Anda lakukan untuk membuat sebuah brosur, sebaiknya gunakan saja Microsoft Word.

Meskipun penggunaan Microsoft Word adalah sebagai aplikasi pengolah kata dan bukan desain, tetapi kalau membuat brosur saja aplikasi ini juga bisa melakukannya. 

Bila Anda penasaran mengenai cara membuat brosur di Word, maka simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Sekilas Tentang Brosur

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dari kata brosur adalah selebaran cetakan yang berisi keterangan singkat, tetapi lengkap. Biasanya informasi yang dimuat berkaitan dengan sebuah perusahaan atau organisasi.

Sejak dahulu brosur sudah digunakan sebagai alat atau media promosi. Walaupun saat ini hal tersebut sudah dilakukan lewat iklan digital, tetap saja pemakaian brosur masih menjadi pilihan bagi beberapa kalangan.

Ciri-ciri sebuah brosur terlihat pada gayanya. Secara umum desainnya dibuat semenarik mungkin dengan ditambahkan ilustrasi, gambar, dan elemen lainnya agar menarik perhatian. Tidak hanya itu saja, bentuk brosur biasanya dicetak satu lembar lalu dilipat menjadi tiga bagian. Tujuannya supaya brosur itu pas untuk disimpan ke dalam saku maupun dompet.

Untuk ukurannya sendiri, brosur biasanya dicetak dalam beberapa ukuran yang sudah disesuaikan. Selain itu, ada juga brosur yang didesain memakai format buklet multi-halaman. Di dalamnya berisi konten atau informasi yang ringkas dan jelas.

Bagi seorang desainer grafis, aplikasi yang paling umum digunakan untuk membuat brosur adalah Coreldraw atau Adobe Photoshop. Akan tetapi, apabila Anda tidak memahami cara kerjanya, maka solusi alternatifnya Anda dapat memakai Microsoft Word.

Mungkin membuat brosur di Microsoft Word merupakan sesuatu yang aneh dan asing bagi Anda. Kendati begitu, percayalah bahwa dengan software ini Anda mampu membuat kertas informatif untuk promosi yang kita kenal sebagai brosur.

Jika Anda penasaran dengan cara membuat brosur di Word, simak langkah-langkahnya berikut ini:

Tutorial dan Cara Membuat Brosur Menarik dan Keren di Microsoft Word

1. Gunakan Microsoft Word Versi Terbaru

Langkah pertama untuk membuat brosur di Microsoft Word adalah membuka aplikasi tersebut di perangkat desktop. Alasannya karena Anda tidak bisa menggunakan aplikasi Microsoft Word mobile. Bukan saja layarnya kecil, fitur di dalamnya juga tidak mendukung pembuatan brosur.

Anda disarankan memakai aplikasi Word versi terbaru. Ini bertujuan supaya Anda lebih leluasa mencari template desain yang beragam di perangkat lunak tersebut. Namun, untuk beberapa versi mulai dari Word 2007 sampai Word 2013 masih bisa dipakai.

2. Hubungkan Perangkat ke Internet

Sebelum membuka Microsoft Word, pastikan bahwa laptop atau komputer Anda sudah terhubung ke jaringan internet. Sehingga kalau tidak ada desain yang diinginkan, Anda masih bisa mengunduh template gratis dari internet.

3. Buat Dokumen Baru di Word

Setelah perangkat Anda terhubung ke internet, langkah selanjutnya dalam tutorial ini yaitu membuat dokumen baru. Anda bisa klik menu File, kemudian klik New. 

Nantinya Anda akan diarahkan ke bagian Available Templates. Jangan terburu-buru klik Blank Document, karena itu hanya akan menampilkan lembar kerja dengan kertas kosong saja. Pada bagian ini, Anda bisa pilih Brochures.

4. Cari Template Brosur Sesuai Selera

Saat muncul jendela baru yang dilengkapi kolom pencarian, Anda bisa mengetik Brochures. Setelahnya pilih desain template yang bagus dan menarik. 

Jika sudah menemukan template brosur, Anda tinggal klik Download untuk menyimpan filenya. Tunggu beberapa saat sampai proses mengunduh selesai.

5. Edit Teks di Template Brosur

Usai file Template brosur berhasil diunduh dan di-instal, Anda bisa langsung mengeditnya. Untuk merubah teks sekaligus menambahkan informasi yang dibutuhkan, caranya dengan klik kiri sebanyak dua kali pada textbox yang ada.

6. Tambahkan Gambar atau Objek Lainnya

Agar brosur yang dibuat semakin menarik, Anda bisa menambahkan beberapa gambar atau foto. Arahkan kursor ke menu Insert, lalu tambahkan foto.

7. Pastikan Desainnya Sudah Sesuai dan Simpan File 

Apabila seluruh prosesnya selesai, jangan lupa untuk mengeceknya kembali. Pastikan apakah ada bagian yang dirasa masih kurang atau tidak. 

Jika dirasa desainnya sudah pas, untuk mengakhiri cara membuat brosur di Word, tekan tombol CTRL + S. Secara otomatis file brosur tersebut tersimpan ke komputer Anda.

Editor: Intan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...