5 Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert

Destiara Anggita Putri
21 September 2022, 23:02
Pekerjaan yang cocok untuk introvert
Unsplash

Bagi seorang introvert, bekerja dikelilingi banyak orang merupakan kesulitan tersendiri. Hal ini dikarenakan, berinteraksi dengan banyak orang akan membuat energi mereka terkuras. Di sisi lain, mereka harus tetap profesional dalam bekerja, sehingga harus bisa membiasakan diri mereka.

Bila Anda masuk dalam kategori tersebut, penting untuk mencari pekerjaan yang cocok untuk introvert. Hal itu memang wajar terjadi karena orang dengan kepribadian introvert memang cenderung suka menyendiri yang membuat mereka sering bersikap diam atau malu ketika berada di keramaian.

Sikap inilah yang kerap kali membuat orang lain salah paham. Bahkan banyak orang beranggapan bahwa introvert akan kesulitan dalam menemukan pekerjaan. Namun, hal itu tidak benar.

Kesuksesan seseorang tidak dilihat dari mereka introvert atau tidak, melainkan dari keterampilan dan  pengalaman mereka. Pada dasarnya, pekerjaan yang cocok bagi introvert adalah pekerjaan yang minim interaksi dan berada di lingkungan yang tenang. Dengan demikian, mereka akan bisa lebih fokus dan percaya diri dalam melakukan pekerjaanya. 

Bila Anda seorang introvert yang sedang mencari pekerjaan, jangan khawatir. Ada banyak pekerjaan di luar sana  yang cocok untuk introvert. Apa saja? Simak lima pekerjaan yang cocok untuk introvert di bawah ini

1. Penulis

Pekerjaan yang cocok untuk introvert adalah penulis.  Bila Anda  memiliki kepiawaian dalam menulis, senang bekerja secara mandiri, dan memiliki jiwa kreatif, maka Anda mungkin bisa menjadikan profesi ini sebagai pilihan Anda. 

Kebanyakan introvert cenderung lebih suka mengekspresikan diri melalui tulisan daripada melalui lisan sehingga banyak dari mereka yang berkecimpung di profesi ini. Biasanya penulis bertugas untuk menulis dan mengedit teks.

Penulis bisa bekerja untuk surat kabar, media online, majalah,  atau bahkan menjadi penulis mandiri yang menulis dan menerbitkan buku sendiri. Selain itu, pekerjaan ini memiliki pilihan karir luas seperti menjadi content writer, copywriter, atau bahkan menjadi freelance writer.

Untuk kisaran gajinya, content writer atau copywriter memiliki gaji rata-rata sebesar Rp 4 juta per bulan. Untuk penulis buku, biasanya mereka mendapatkan royalti 10% dari hasil penjualan buku mereka. 

2. Desainer Grafis

Pekerjaan yang cocok untuk introvert berikutnya adalah desainer grafis. Hal ini dikarenakan pekerjaan ini tidak memerlukan interaksi dengan  banyak orang dan bahkan dapat dilakukan dari rumah

Tugas dari desainer grafis sendiri ialah membuat desain yang komunikatif dan visual yang mudah dipahami. Desain yang dibuat pun bermacam macam mulai dari desain logo, desain poster hingga desain aplikasi. Bila Anda ingin bekerja sebagai desainer grafis, pastikan Anda mampu menggunakan menggunakan software seperti Adobe Photoshop, Illustrator, Indesign, dll.

Bagi desainer grafis yang bekerja untuk perusahaan, biasanya mereka mendapatkan gaji berkisar Rp 3 juta - Rp 8 juta per bulan. Nau, bila mereka bekerja secara freelance, mereka bisa menemukan tarifnya sendiri sehingga penghasilan yang mereka dapat pun  tidak pasti setiap bulannya. 

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...