Cara Menghubungkan HP ke TV dengan dan Tanpa Kabel

Ghina Aulia
6 Oktober 2022, 21:10
Cara menghubungkan HP ke TV
pexels/Rachel Claire
ilustrasi televisi di atas meja

Teknologi yang dihadirkan pada televisi masa kini semakin canggih dan menarik. Hal ini turut mendukung penonton untuk bisa lebih leluasa dalam memilih tayangan. Selain itu, perangkat elektronik satu ini juga menawarkan fitur yang lengkap untuk mempermudah penonton dalam menyaring dan memilah konten yang ingin ditonton.

Berbeda halnya dengan televisi versi terdahulu, fiturnya cenderung sedikit dan hanya menampilkan tayangan-tayangan yang disediakan saja. Alhasil, televisi yang dikenal dengan TV analog tersebut mulai tergantikan dengan dengan versi terbarunya, TV digital.

Salah satu fitur canggih yang perlu Anda ketahui dari TV digital adalah cara menghubungkan HP ke TV. Dengan begitu, tampilan ponsel Anda bisa muncul di layar televisi untuk bisa disaksikan bersama-sama dengan anggota keluarga ataupun sahabat.

Meskipun begitu, tidak semua jenis televisi bisa terhubung langsung dengan ponsel, karena fitur tersebut hanya bisa diterapkan pada Smart TV atau HDTV dan Connected TV saja. 

Smart TV, merupakan jenis televisi yang memiliki fitur unggul yang dapat mengakses aplikasi streaming berbayar dengan jaringan internet, sebagaimana dilansir dari situs PCMag. Beberapa aplikasi tersebut seperti Netflix, Amazon Prime, Hulu, weTV, VIU, Viki dan lain-lain.

Teknologi pada Smart TV akan membantu penonton dalam menyaring dan memilih konten tayangan yang ditonton. Berbeda dengan TV analog yang tayangannya terbatas. Perangkat ini tidak lagi membutuhkan dekoder terpisah. Meski begitu, Anda tetap bisa menonton tayangan seperti pada umumnya. Kanal-kanal akan tetap muncul apabila berlangganan TV kabel.

Sementara itu, Connected TV atau televisi terhubung adalah jenis televisi yang dapat terhubung dengan jaringan internet. Anda dapat mengoperasikan perangkat elektronik satu ini dengan lebih fleksibel. Salah satunya dengan mengakses peramban yang umumnya dapat dilakukan pada ponsel pintar, tablet dan atau personal computer (PC).

Adapun pengertian HDTV atau High Definition Television merupakan istilah yang menunjukkan kualitas resolusi tampilan layar. Berbeda dengan versi TV analog, pada Smart TV Anda akan mendapatkan pengalaman menarik untuk menyaksikan tayangan televisi dengan lebih jelas. Sementara, untuk jenis  televisi analog kualitasnya sangat bergantung pada jarak antena dan faktor lainnya.

Hal lain yang perlu diketahui, peran remote control pada TV digital ikut berkembang, seiring banyaknya tombol yang tersedia untuk memudahkan Anda dalam mengoperasikan tayangan televisi. Bahkan, beberapa Smart TV, memiliki papan ketik pada remote bawaannya, disertai fungsi penunjang lainnya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...