Dorong Belajar dari Rumah, Pemprov Jakarta Gandeng Startup Pendidikan

Rizky Alika
16 Maret 2020, 19:17
Petugas berjalan didepan ruang kelas SMP 216 Jakarta Pusat, Senin (16/3/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menginstruksikan seluruh sekolah untuk meliburkan siswa dari Taman Kanak-kanak, SD, SMP, dan SMA selama 14 hari guna mengatisipasi penyebaran
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.
Petugas berjalan didepan ruang kelas SMP 216 Jakarta Pusat, Senin (16/3/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menginstruksikan seluruh sekolah untuk meliburkan siswa dari Taman Kanak-kanak, SD, SMP, dan SMA selama 14 hari guna mengatisipasi penyebaran virus corona COVID-19.

Guna memastikan ketentuan belajar dari rumah (home learning) berjalan dengan baik, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggandeng beberapa startup pendidikan, salah satunya Sekolahmu.

Direktur Sekolahmu Radinka Qiera mengatakan, Sekolahmu menjadi jadi salah satu kanal pendidikan yang bisa diakses untuk melakukan pembelajaran. Kerja sama tersebut ditujukan untuk sekolah tingkat pra-sekolah, SD, SMP, hingga SMA.

Advertisement

"Kami menyediakan sebanyak mungkin pelatihan untuk guru supaya bisa menyampaikan pelajaran," kata dia kepada katadata.co.id, Senin (16/3).

Radinka mengatakan, konten pelajaran yang disediakan oleh Sekolahmu telah disusun dengan melibatkan sejumlah instansi, seperti sekolah Lazuardi, Cikal, dan Yayasan Diponegoro.

Saat ini, aplikasi Sekolahmu tengah membuka seluruh konten pelajarannya secara gratis. Langkah ini dilakukan seiring dengan upaya pemerintah dalam mengurangi penularan virus corona, dengan menerapkan sistem home learning.

Melalui kanal pendidikan yang ditunjuk, seperti Sekolahmu, guru akan merumuskan tujuan, langkah-langkah dan evaluasi pembelajaran, kemudian memilih konten materi dan memasukannya ke dalam sistem pembelajaran berbasis digital. Setelah itu, para guru dapat langsung memberikan penugasan kepada peserta didik.

(Baca: Antisipasi Corona, Nadiem Makarim Dukung Kebijakan Meliburkan Sekolah)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement