Tim SAR Temukan Rekaman Suara Kokpit Sriwijaya Air SJ-182

Rizky Alika
31 Maret 2021, 15:44
Sejumlah serpihan pesawat Sriwijaya Air PK-CLC nomor penerbangan SJ 182 rute Jakarta - Pontianak di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Senin (18/1/2021). Badan SAR Nasional (Basarnas) menemukan kotak hitam yang berisi Cockpit Voice Recorder (CVR) hampi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Sejumlah serpihan pesawat Sriwijaya Air PK-CLC nomor penerbangan SJ 182 rute Jakarta - Pontianak di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Senin (18/1/2021). Badan SAR Nasional (Basarnas) menemukan kotak hitam yang berisi Cockpit Voice Recorder (CVR) hampir tiga bulan setelah kecelakaan.

Tim SAR Gabungan akhirnya menemukan bagian kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang berisi Cockpit Voice Recorder (CVR). Pesawat dengan rute Jakarta-Pontianak tersebut jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu, 9 Januari 2021 lalu.

Pencarian bagian kotak hitam yang berisi rekaman suara pilot dan co-pilot tersebut dilakukan dengan menggunakan kapal penyedot lumpur. "Selama ini kami mencari manual dengan tenaga penyelam. Akhirnya, kami berupaya mencari cara out of the box, yaitu menyedot lumpur dengan kapal pengeruk dan membuahkan hasil," kata Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsda Henri Alfiandi di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Jakarta, Rabu (31/3).

Kapal tersebut bekerja dengan menyedot lumpur kedalaman 1 meter dengan cakupan area 90 x 90 meter. Menurutnya, kedalaman lumpur tersebut masih terbilang ideal. "Mudah-mudahan tidak terjadi di tempat yang lebih dalam lagi sehingga bisa minimalisir di luar kemampuan kami," ujar dia.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengatakan, pencarian CVR tetap dilakukan meski operasi Basarnas telah ditutup. Setelah mencari selama 1,5 bulan, penyelam Tim SAR Gabungan belum membuahkan hasil.

Setelah itu, tim beristirahat selama seminggu untuk mengevaluasi metode pencarian. Akhirnya, tim menggunakan kapal penyedot lumpur.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...