Arab Saudi Putuskan Haji 2021 Khusus Warga Negaranya Saja

Sorta Tobing
12 Juni 2021, 19:17
haji, arab saudi, umrah
ANTARA FOTO/REUTERS/Saudi Press Agency/Handout /pras/cf
Ibadah haji di tengah pandemi Covid-19 di kota suci Mekah, Arab Saudi, Jumat (31/7/2020).

Tidak ada jemaah warga negara asing yang dapat melakukan haji ke Arab Saudi pada tahun ini. Pemerintah setempat membatasi jumlah peziarah maksimum 60 ribu orang dan hanya khusus untuk penduduknya saja.

Langkah tersebut diambil guna mencegah penularan Covid-19. “Mereka yang ingin melakukan haji harus bebas penyakit kronis dan sudah divaksinasi, berusia 18 sampai 65 tahun,” kata otoritas Arab Saudi dalam pernyataan resminya, Sabtu (12/6), dikutip dari AlJazeera

Advertisement

Kondisi kesehatan global belum kondusif. Pandemi Covid-19 belum berakhir dan muncul varian baru. “Kami terus memantau situasinya,” tulis pernyataan itu. 

Pada tahun lalu, negara berbentuk kerajaan itu mengurangi jumlah peziarah menjadi sekitar seribu orang dan khusus penduduknya. Jemaah dari luar negeri dilarang mengikuti ritual umat Islam tersebut.

Haji, kewajiban sekali seumur hidup bagi umat Muslim, merupakan sumber pendapatan utama pemerintah Saudi. Sebelum pandemi, sekitar 2,5 juta peziarah mengikuti ritual suci di Mekah dan Madinah untuk haji selama seminggu. Ditambah ziarah umrah, pendapatan negara itu diperkirakan mencapai US$ 12 miliar per tahun atau sekitar Rp 171 triliun. 

Selama pandemi, negara itu mencatat lebih dari 463 ribu pasien Covid-19. Jumlah kematiannya mencapai 7.536 orang. Kementerian Kesehatan Arab Saudi telah memberikan 15 juta dosis vaksin virus corona, sedangkan jumlah populasinya sekitar 34 juta jiwa.

Saat relaksasi pembatasan aktivitas sosial pada Oktober lalu, Arab Saudi akhirnya membuka Masjidil Haram untuk pertama kalinya dalam tujuh bulan. Sebagian peziarah yang datang melakukan ibadah umrah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement