Tips dan Trik Surat Lamaran Kerja Profesional yang Menarik Hati HRD

Image title
15 September 2021, 14:59
Ilustrasi seseorang sedang membaca contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris.
Tima Miroshnichenko/Pexels
Ilustrasi seseorang sedang membaca contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris.

Demi meraih kesan pertama yang menarik dari HRD, para pencari kerja harus menguasai beberapa tips dan trik dalam melamar pekerjaan. Salah satunya penguasaan dalam menulis surat lamaran kerja. Karena surat akan menjadi lembar penilaian pertama dari HRD. Ditambah lagi, pandemi Covid-19 berdampak PHK, sehingga banyak yang harus mencari pekerjaan baru. Tentu saja ini menambah sengit persaingan antara pelamar kerja. 

Permasalahannya, ada banyak lamaran yang masuk ke kota email HRD. Dari ratusan hingga ribuan jumlahnya. Tentu untuk memilah dan memilih kandidat terbaik butuh proses dan memakan waktu yang lama. Dengan paduan surat lamaran kerja dan CV yang menarik, sorang pelamar berpeluang masuk dalam pilihan.

Katadata.co.id merangkum menghimpun tips dan trik dari beberapa sumber mengenai panduan menulis surat lamaran yang baik dan benar. Sehingga bisa menjadi rujukan untuk dikirim ke perusahaan agar bisa mendapat pekerjaan.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

1. Menulis Dengan Efektif
Kesan pertama seorang pelamar di mata HRD akan ditentukan dari kualitas surat lamaran kerja yang dikirim. Tata bahasa yang rapi, pemilihan kata yang efektif, dan penyampaian yang lugas menjadi penilaian utama. Bila semua itu diabaikan, semakin kecil peluang surat lamaran tersebut akan dilirik.

2. Riset Mendalam Perusahaan yang Dituju
Setiap perusahaan memiliki kualifikasi tersendiri untuk mencari karyawan. Antara satu perusahaan dengan lainnya tentu memiliki kriteria yang berbeda, begitu pula dalam pola dan struktur surat lamaran kerja. Maka riset menjadi kunci, untuk menentukan isi dari surat lamaran kerja. Tidak boleh asal kirim, apalagi bila mengirim satu surat lamaran kerja ke berbagai perusahaan dengan template yang sama.

3. Susunan Isi Surat Lamaran
Sama seperti surat lainnya, surat lamaran pekerjaan juga memiliki kualifikasi baku dalam penulisan. Pelamar kerja tidak boleh seenaknya dalam menyampaikan poin, harus tertata dan berurutan. Sehingga dapat menunjukkan pelamar memiliki daya intelektual dan etika penyampaian yang baik. 

Contoh Surat Lamaran Kerja

Berikut adalah bagian-bagian dari isi surat yang harus tertera saat mengirim kepada HRD: 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...