Memahami Konsep Hingga Ciri Model Pembelajaran Secara Lengkap

Image title
5 Oktober 2021, 12:51
Memahami Konsep Hingga Ciri Model Pembelajaran Secara Lengkap
Muhammad Zaenudddin|Katadata
Ilustrasi kegiatan belajar dan mengajar di masa pandemi Covid-19

Dalam kerangka pembelajaran ada salah satu bagian yang menduduki hierarki tertinggi yaitu model pembelajaran. Sebagai bagian yang menduduki posisi teratas maka lingkup dari keseluruhan kerangka pembelajaran diharuskan memberikan pemahaman dasar atau filosofis dalam proses belajar mengajar.

Mengutip tulisan penerbit Deepublish, dalam model pembelajaran terdapat strategi yang menjelaskan operasional, alat, atau teknik yang digunakan siswa dalam prosesnya. Dalam strategi pembelajaran ada metode yang menjelaskan langkah-langkah untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tingkatan ini memiliki fungsi untuk menjelaskan hubungan dari kerangka pembelajaran tersebut.

Advertisement

Makna dari model pembelajaran ini sering diartikan sebagai pendekatan pembelajaran. Oleh karenanya dalam pendekatan pembelajaran, di dalamnya terdapat pelbagai rencana dan dilengkapi dengan alur yang digunakan sebagai petunjuk dalam merencanakan pembelajaran di kelas. Mengingat model pembelajaran adalah dasar untuk strategi dan metode , perlu diketahui pengertian model pembelajaran menurut beberapa ahli untuk mengetahui lebih jauh.

Model Pembelajaran di Mata Para Ahli

Ada berbagai macam pendapat mengenai arti model pembelajaran yang diungkapkan oleh sejumlah ahli, antara lain: 

Arends (1997)

Di mata Arends model pembelajaran memiliki makna pada pendekatan tertentu terhadap instruksi yang terdiri dari tujuan, sintaks (pola urutan atau alur), lingkungan, hingga sistem pengelolaan secara keseluruhannya. Instruksi yang dimaksud adalah segala ketentuan untuk dikerjakan siswa. Menurut Arends, seperangkat instruksi ini perlu memenuhi berbagai komponen agar dapat menjadi kesatuan model pembelajaran yang utuh dan berfungsi dengan baik untuk siswa.

Adi (2000)

Menurut Adi, model pembelajaran diartikan sebagai kerangka konseptual yang menggambarkan prosedur dalam mengorganisasikan pengalaman pembelajaran. Sehingga penentuan model pembelajaran tidak lepas dari mempertimbangkan tujuan pembelajaran. Kesinambungan model dengan tujuan pembelajaran akan mempermudah dalam penyusunan model pembelajaran secara menyeluruh. 

Fungsi model pembelajaran sebagai pedoman bagi guru dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran. Kegiatan belajar dan mengajar sudah berlangsung sejak berabad-abad lalu dan model pembelajaran yang digunakan berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi. 

Trianto (2000)

Berbeda dengan dua konsep sebelumnya, Trianto menjabarkan beberapa hal mengenai model pembelajaran. Menurutnya, model pembelajaran adalah perencanaan atau pola yang digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran di kelas atau dalam tutorial. Pengertian ini hampir senada dengan Adi, namun Trianto lebih menjabarkan pada komponen-komponen dalam model pembelajaran. Komponen-komponen tersebut di antaranya tujuan pembelajaran, langkah-langkah, lingkungan pembelajaran, dan pengelolaan kelas.

Ciri-ciri Model Pembelajaran

Mengutip buku Pentingnya Kompetensi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran dalam Perspektif Islam yang terbit di tahun 2016, dijelaskan mengenai ciri-ciri model pembelajaran yang baik. Ciri model pembelajaran yang baik, melingkupi beberapa hal seperti pemberian arahan atau indikator kepada guru dalam penyusunannya.

Berikut ciri-ciri dari model pembelajaran yang baik dan benar:

1. Rasional dan Berasaskan Pikiran Logis

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement