Kemenhub Akan Bikin Pelabuhan Lebih Ramah Lingkungan, Begini Caranya

Cahya Puteri Abdi Rabbi
4 November 2021, 11:44
pelabuhan, lingkungan, ramah lingkungan
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Truk peti kemas melintas di kawasan IPC Terminal Peti Kemas Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (26/10/2021). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi di kuartal III 2021 dari 4,3 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi 4,5 persen (yoy). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.

Pemerintah berkomitmen untuk menciptakan pelabuhan yang ramah lingkungan (green ports). Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menjadi pembicara kunci secara daring, pada kegiatan di 'Indonesia Pavilion COP26', yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Selasa (2/11) malam. 

Budi mengatakan pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan pelabuhan yang ramah lingkungan. Beberapa di antaranya adalah meratifikasi konvensi internasional tentang pencegahan pencemaran dari kapal atau MARPOL Annex VI, penggunaan peralatan listrik dalam kegiatan bongkar muat, dan truk berbahan bakar gas di area pelabuhan.

"Perlu dilakukan upaya pengendalian iklim melalui pengelolaan pelabuhan yang ramah lingkungan, demi menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dalam keterangan resminya, Rabu (3/11).

Selain itu, pemerintah juga mengembangkan aplikasi berbasis internet untuk pendaftaran angkutan barang dari pengirim ke pengangkut, serta penggunaan energi surya untuk penerangan jalan sel surya dan lampu LED di pelabuhan.

“Kami berharap aksi mitigasi perubahan iklim di area pelabuhan, akan mengurangi emisi secara signifikan dan berkontribusi pada pengurangan gas rumah kaca dari sektor transportasi," kata dia.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...