Pengertian Diskriminasi Berserta Contohnya di Lingkungan Sosial

Dwi Latifatul Fajri
29 Desember 2021, 14:41
Diskriminasi
Muhammad Zaenuddin|Katadata

Diskriminasi sering dijumpai di dalam lingkungan masyarakat, karena kecenderungan untuk membeda-bedakan. Diskriminasi masih sering terjadi di berbagai negara, disebabkan oleh budaya, kebangsaan, warna kulit, golongan, suku, jenis kelamin, dan agama.

Umumnya, diskriminasi terjadi karena kelompok mayoritas yang menyudutkan kelompok minoritas. Suatu kelompok yang memiliki kuasa ini dapat bertindak semena-mena pada kelompok minoritas yang berbeda.

Advertisement

Mengutip dari setkab.go.id, UUD Nomor 40 tahun 2008, mengatur pasal tentang penghapusan diskriminasi ras dan etnis.

Dalam peraturan tersebut menjelaskan kedudukan seluruh warga negara sama di depan hukum. Serta warga negara berhak mendapatkan perlindungan dari diskriminasi ras dan etnis.

Pengertian Diskriminasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, diskriminasi adalah perlakuan terhadap sesama warga negara, berdasarkan golongan, suku, warna kulit, ekonomi, agama, dan jenis kelamin.

Istilah diskriminasi berasal dari bahasa Inggris, discrimination yang digunakan pertama kali pada abad ke-17. Akar kata diskriminasi berasal dari bahasa latin yaitu discriminant.

Serapan kata ini menjelaskan tentang pelaku yang menyudutkan korban minoritas, dengan perlakuan yang berbeda.

Menurut Theodorson dan Thedorsan, diskriminasi adalah perlakuan yang tidak seimbang terhadap perorangan atau kelompok, sifatnya kategorik berdasarkan ras, suku bangsa, agama, atau anggota kelas sosial.

Diskriminasi menurut Theodorson terjadi karena kelompok mayoritas lebih dominan hubungannya, dengan minoritas. Sehingga perilaku bersifat tidak bermoral dan demokratis.

Pendapat dan Brigham, diskriminasi menjelaskan perlakuan yang membedakan kelompok minoritas, seperti suku bangsa, bahasa, adat istiadat, agama, dan kebangsaan.

Mengutip dari mitrahukum.org, diskriminasi awalnya terjadi dari prasangka. Adanya prasangka ini membuat perbedaan antara individu dan kelompok. Pembedaan ini terjadi karena sebagai makhluk sosial, orang berkumpul dengan kelompok yang memiliki kemiripan.

Suatu kelompok yang memiliki kemiripan ini seringkali berprasangka dan memiliki ketakutan jika ada yang berbeda. Sehingga terjadi ketidakpahaman dan generalisasi kelompok lain yang berbeda.

Jenis Diskriminasi

Berdasarkan jenis, ada 4 diskriminasi yang kasusnya ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut penjelasan tentang jenis diskriminasi:

  • Jenis kelamin

Terdapat perbedaan sikap yang membedakan sesama manusia, berdasarkan perbedaan jenis kelamin. Misal perbedaan antara perempuan dan laki-laki dalam bidang pekerjaan.

  • Ras

Beberapa negara dan daerah, terdapat diskriminasi ras atau rasisme. Diskriminasi ras terjadi karena suatu ras tertentu merasa lebih unggul, superior, dan lebih hebat sampai mengatur ras lainnya.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement