4 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan dengan Mudah

Image title
6 Januari 2022, 15:45
Ilustrasi menu diet sehat yang menjadi cara mengecilkan perut setelah melahirkan
Unsplash/Anna Pelzer
Ilustrasi menu diet sehat yang menjadi cara mengecilkan perut setelah melahirkan

Bagi para ibu, berat badan yang naik setelah melahirkan sudah menjadi momok. Beban tubuh yang naik secara signifikan tentunya tidak mudah untuk diturunkan. Butuh waktu bagi tubuh untuk kembali seperti semula.

Adapun yang kerap kali terdengar ada beberapa ibu yang ukuran perutnya bisa kembali seperti semula hanya dalam beberapa bulan setelah melahirkan. Namun tidak sedikit juga para ibu yang butuh waktu lebih lama dan cara berbeda untuk kembali mengecilkan ukuran perut seperti sebelum hamil dahulu habis melahirkan.

Ada beberapa ibu yang butuh waktu lebih lama dan cara berbeda untuk mengecilkan perut habis melahirkan. Mereka perlu kesabaran lebih besar, karena selama sekitar sembilan bulan otot-otot perut meregang saat mengandung bayi, makanya butuh waktu untuk mengembalikannya normal.

Terdapat beragam faktor yang menjadi penyebab kecepatan dan hasil saat melakukan berbagai cara untuk mengecilkan perut seperti semula setelah melahirkan, meliputi:

  • Ukuran perut sebelum kehamilan.
  • Penambahan berat badan selama kehamilan.
  • Tingkat keaktifan setelah melahirkan.
  • Gen tubuh.

Selain itu ada juga beberapa cara antisipasi untuk menurunkan berat badan dan menerapkan cara mengecilkan ukuran perut seperti semula setelah melahirkan, apabila melakukan hal berikut:

  • Rutin berolahraga saat hamil.
  • Menyusui bayi.
  • Kehamilan dan melahirkan bayi pertama.
  • Kenaikan berat badan selama kehamilan tidak sampai mencapai 13,6 kilogram (kg).

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Bagi Anda para ibu yang baru melaksanakan persalinan, tidak perlu khawatir dengan berat badan yang naik signifikan. Karena seiring berjalan waktu, ukuran dan lemak di perut Anda akan menyusut dengan sendirinya.

Meski demikian Anda tetap harus berdisiplin dengan melakukan perimbangan dengan melakukan sejumlah cara agar bisa memperkecil perut setelah melahirkan. Cara tersebut misalnya menerapkan pola makan serta gaya hidup yang sehat yang bisa membantu Anda dalam mencapai keberhasilan.

Berikut sejumlah cara mengecilkan perut setelah melahirkan dengan mudah dan sederhana yang dilansir dari situs informasi kesehatan Hellosehat.com:

1. Mencukupi Jam Tidur

Salah satu problematika yang kerap dihadapi oleh para obu pasca persalinan adalah kurang tidur selama masa menyusui bayi, terutama ketika usia buah hati Anda kurang dari 1 tahun. Padahal, tidur yang cukup termasuk bagian dari perawatan setelah melahirkan normal dan pasca-operasi caesar.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...