Teks Eksplanasi: Pengertian, Ciri-ciri dan Struktur

Image title
12 Januari 2022, 09:30
Ilustrasi teks eksplanasi dari pengertian, ciri-ciri dan struktur yang berfungsi untuk membantu penulis dalam menyusun logika.
Unsplash/Lucas George Wendt
Ilustrasi teks eksplanasi dari pengertian, ciri-ciri dan struktur yang berfungsi untuk membantu penulis dalam menyusun logika.

Dalam kegiatan membaca, pernahkah Anda menemukan topik mengenai proses terjadinya suatu peristiwa? Atau mungkin Anda pernah menulis ulasan topik tersebut? Contohnya mengenai proses terwujudnya fenomena atau suatu bencana alam di Indonesia. Itulah yang dinamakan teks eksplanasi.

Mengapa disebut teks eksplanasi? Karena teks tersebut berisi mengenai proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya yang dapat terjadi. Kejadian yang ada di sekitar kita yang memiliki hubungan sebab akibat dan proses biasanya ditulis dengan teks eksplanasi.

Setiap rentetan kejadian atau peristiwa yang muncul di teks eksplanasi tidak hanya dirasakan dalam bentuk bacaan saja, namun di sisi lain juga sekaligus dijadikan pembelajaran sehingga pembaca mengetahui mengapa kejadian tersebut bisa terjadi.

Penjelasan Singkat Teks Eksplanasi dari Berbagai Sumber

Pengertian teks eksplanasi ada beragam baik secara istilah maupun harfiah. Berikut rangkuman pendefinisian teks eksplanasi yang dikutip dari berbagai ahli:

1. Barwick (2007:50)

Pengertian teks eksplanasi yang pertama dari Barwick. Dia menjelaskan bahwa teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan proses dan alasan sesuatu di dunia bisa terjadi.

2. Kosasih (2014:178)

Selanjutnya, pengertian teks eksplanasi dari Kosasih yang menyebut bahwa teks eksplanasi bisa dikaitkan dengan genre teks. Pengertian teks eksplanasi adalah satu teks yang menjelaskan tentang suatu proses atau peristiwa mengenai asal-usul, proses, atau perkembangan suatu fenomena atau mungkin berupa peristiwa alam, sosial, atau budaya.

3. Restuti (2013:85)

Dari penuturan Restuti bahwa teks eksplanasi memiliki makna sebagai sebuah teks yang menerangkan atau menjelaskan mengenai proses atau fenomena alam maupun sosial.

4. Anderson & Anderson (2000:80)

Menurut Anderson & Anderson, teks eksplanasi merupakan teks yang memiliki tujuan untuk menjelaskan fenomena yang terjadi di dunia.

5. Mahsun (2013:189)

Menurut penjelasan Mahsun, teks eksplanasi ditata dengan struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang memperlihatkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan interpretasi atau penutup.

Arti Teks Eksplanasi Menurut Bahasa

Secara bahasa, teks eksplanasi memiliki beberapa unsur kata yang terdiri dari gabungan dua kata, yakni teks dan eksplanasi. Teks artinya tulisan yang panjang dan eksplanasi berasal dari bahasa Inggris “explain” yang artinya menjelaskan.

Makna teks eksplanasi secara keseluruhan yakni sebuah teks yang fungsinya memperjelas sesuatu hal yang terjadi dan bisa berupa apa saja.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa teks eksplanasi adalah jenis teks yang menjelaskan proses atau alasan sesuatu dapat terjadi. Kejadian yang terjadi bisa berupa peristiwa alam, insiden sosial, maupun budaya.

Tujuan Dibuatnya Teks Eksplanasi

Penulisan teks eksplanasi hadir demi sebuah tujuan yaitu agar mampu menjelaskan fenomena yang terjadi dan menjelaskan sebab akibat suatu peristiwa.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...