Dejavu Adalah Kondisi Mengalami Situasi yang Familiar, Ini Penyebabnya

Image title
18 Januari 2022, 15:03
Ilustrasi seseorang yang mengalami dejavu. Dejavu adalah suatu kondisi dimana Anda mengalami situasi yang familiar dengan kondisi sekitar Anda, seolah-olah Anda sudah pernah mengalami hal tersebut. Berikut penjelasannya.
Unsplash.com
Ilustrasi seseorang yang mengalami dejavu

Apakah Anda pernah berada pada situasi dejavu? Situasi tersebut terjadi saat Anda mengalami situasi tertentu padahal situasi tersebut baru atau sedang terjadi. Ternyata dejavu adalah suatu hal yang kerap terjadi dan umum pada banyak orang.

Dilansir dari situs informasi kesehatan, Hellosehat.com, dejavu adalah suatu kondisi di mana Anda mengalami situasi yang familiar dengan kondisi sekitar Anda, seolah-olah Anda sudah pernah mengalami hal tersebut di waktu lampau dengan keadaan yang persis sama. Padahal apa yang sedang Anda alami sekarang adalah pengalaman pertama Anda.

Advertisement

Pada umumnya kejadian tersebut bisa berlangsung dalam durasi 10 hingga 30 detik, dan bisa terjadi lebih dari satu kali. Apabila ini Anda alami, maka tidak perlu panik. Beberapa penelitian menyebutkan, bahwa dua sampai tiga orang yang pernah mengalami dejavu akan mengalaminya kembali.

Istilah dejavu atau déjà vu berasal dari Bahasa Prancis yang berarti “sudah pernah melihat”. Sebutan ini pertama kali dicetuskan oleh Émile Boirac, seorang filosofis dan ilmuwan asal Prancis pada tahun 1876. Banyak filsuf dan ilmuwan lain yang mencoba menjelaskan mengapa dejavu bisa terjadi.

Seorang pakar psikonanalisis terkemuka, Simund Freud menjelaskan bahwasanya dejavu memiliki hubungan dengan keinginan yang terpendam. Sementara menurut Carl Jung, fenomena ini berhubungan dengan alam bawah sadar kita.

Dalam rentang usia adalah hal yang sering dialami oleh para anak muda ketika berusia 15 sampai 25 tahun, Anda mungkin lebih sering mengalami dejavu dibandingkan mereka yang berusia lebih tua. Biasanya, pengalaman ini akan berkurang setelah seseorang telah mencapai umur di atas 25 tahun.

Penjelasan Singkat Mengenai Kemunculan Dejavu

Banyak peneliti yang berusaha melakukan riset atas kemunculan dejavu. Namun dari hasil riset tersebut hanya membuat peneliti berpegang pada pengalaman dejavu seseorang yang bersifat retrospektif sehingga sulit mencari stimulus yang memicunya. Berikut beberapa ulasan terkait kemunculan dejavu yang dijelaskan dalam beberapa teori:

1. Teori Slip Perception

Teori slip perception memberikan penjelasan bahwa dejavu adalah suatu kondisi ketika Anda melihat sesuatu pada dua waktu yang berbeda. Misalnya, Anda melihat suatu objek atau situasi pertama kali secara sepintas atau hanya dari sudut mata tanpa memperhatikannya.

Bagi Anda melihat pemandangan yang serupa di waktu yang berbeda, kali ini dengan perhatian penuh, otak seperti mengingat memori yang telah disimpan sebelumnya dan membuat Anda merasa telah memandang hal yang sama sebelumnya.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement