Aktiva Lancar Adalah Aset Perusahaan, Ini Penjelasannya

Image title
23 Februari 2022, 10:20
Ilustrasi peluncuran kerjasama Treasury dan Tokocrypto dalam pembuatan aset aktiva lancar. Aktiva lancar adalah kas, bank, dan sumber lain yang dapat dicairkan, dijual, atau dinilai dengan uang atau dipakai habis dalam satu tahun atau dalam siklus kegiat
Treasury
Ilustrasi peluncuran kerjasama Treasury dan Tokocrypto dalam pembuatan aset aktiva lancar.

Dalam ilmu akuntansi terdapat salah satu istilah yang cukup familiar. Istilah tersebut adalah aktiva. Aktiva digunakan untuk menyebut benda fisik dan non-fisik yang termasuk dalam kekayaan perusahaan. Sebagai sebuah komponen jurnal, aktiva punya sifat dan klasifikasinya tersendiri.

Penjelasan Singkat Tentang Aktiva Lancar

Mengutip situs akseleran.co.id, makna aktiva adalah manfaat ekonomi yang cukup pasti pada masa depan dan dimiliki oleh perusahaan sebagai akibat peristiwa transaksi pada masa lalu. Disebut cukup pasti, karena aktiva menjadi modal perusahaan dalam melakukan kegiatan operasional usaha, pembiayaan, maupun investasi.

Oleh karenanya transaksi ini terbagi atas transaksi pembelian, penerbitan saham, investasi, kontrak piutang, dan pinjam-meminjam dengan lembaga keuangan (bank). Aktiva terbagi atas 2 jenis, yaitu aktiva lancar dan aktiva tidak lancar. Berdasarkan bentuknya, aktiva ada yang bersifat fisik dan ada yang nonfisik.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengeluarkan definisi bahwa aktiva lancar adalah kas, bank, dan sumber lain yang dapat dicairkan, dijual, atau dinilai dengan uang atau dipakai habis dalam satu tahun atau dalam siklus kegiatan normal jika melampaui satu tahun.

Selain itu lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK), juga mengeluarkan makna bahwa aktiva lancar adalah segal macam aktiva yang berbentuk uang tunai atau barang berharga lain yang sewaktu-waktu dengan mudah dapat dijadikan uang tunai dalam bahasa inggris dikenal current asset.

Oleh karenanya dapat disimpulkan bahwa aktiva lancar adalah aset yang dimiliki oleh perusahaan yang mudah dicairkan dalam bentuk uang. Jangka waktu pencairan tidak lebih dari satu tahun.

Aneka Ragam Aktiva Lancar

1. Surat Berharga

Jenis aktiva lancar yang pertama adalah surat berharga. Aktiva ini adalah kepemilikan saham atau obligasi perusahaan lain yang tidak bersifat permanen. Jadi, aset ini dapat dijual sewaktu-waktu untuk mendapatkan dana tunai jika memang dibutuhkan.

2. Piutang Dagang

Bentuk aktiva lancar yang kedua adalah piutang dagang yang berarti tagihan perusahaan kepada pihak lain yang melakukan transaksi pembelian barang.

3. Uang Kas

Jenis aktiva lancar yang ketiga adalah kas yang merupakan uang berbentuk tunai yang dimiliki oleh perusahaan. Kas biasanya digunakan untuk membiayai operasional perusahaan. Meskipun tidak terlihat secara fisik alias masih tersimpan di bank, uang ini tetap disebut aset lancar.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...