Ekonomi Mikro Adalah Cabang Ilmu Ekonomi, Simak Penjelasannya

Image title
24 Februari 2022, 18:06
Ekonomi Mikro Adalah Cabang Ilmu Ekonomi, Simak Penjelasannya
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/rwa.

Salah satu pembahasan dalam pengantar ilmu ekonomi adalah ekonomi mikro. Secara sederhana, ekonomi mikro adalah ilmu yang mempelajari tentang kurva permintaan dan penawaran.

Mempelajari eonomi mikro juga dapat membantu kita memahami hubungan antara perubahan upah, pola pekerjaan yang sesuai serta memahami variabel biaya dalam suatu produksi barang dan jasa.

Penjelasan Singkat Tentang Ekonomi Mikro

Ekonomi mikro kerap kali menjadi aspek penting untuk mempelajari perilaku pada setiap produsen dan konsumen juga penentuan kuantitas faktor input, serta barang atau jasa apa saja yang kemudian akan diperjual-belikan dengan mengacu pada harga pasar.

Ada sejumlah aspek penting yang menjadi nilai analisis dalam memandang ekonomi mikro, seperti model-model pasar, industri, analisis manfaat, teori permintaan, analisis biaya, dan penawaran. Tidak hanya itu, ekonomi mikro juga berperan dalam membuat Kebijakan perusahaan mengenai pengelolaan sumber daya seperti pengelolaan harga.

Dalam perusahaan juga ditemukan sejumlah kebijakan yang dapat membuat perusahaan tersebut menjadi lebih strategis dan inovatif. Ekonomi mikro sangat berperan dalam memprediksi hingga merancang strategi suatu perusahaan kedepannya. Ekonomi mikro akan mempermudah suatu perusahaan dalam memahami Perilaku, kemauan dan kebutuhan konsumen.

Penjelasan Ekonomi Mikro dari Para Ahli

1. David A. Moss

Ekonomi mikro sebagai langkah penganalisisan sebuah keputusan yang dibuat oleh individu atau kelompok mulai dari faktor-faktornya hingga ke pertimbangan akan biaya dan manfaatnya.

2. Adam Smith

Melihat adanya berbagai pertimbangan rasional dalam pengambilan keputusan yang dipilih oleh pelaku ekonomi.

3. Sadono Sukirno

Mengutip buku Ekonomi Mikro Teori Pengantar, Sadono Sukirno menyatakan bahwa pengertian ekonomi mikro adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan. Mikroekonomi sendiri berfungsi menganalisis bagaimana segala keputusan dan juga perilaku tersebut mempengaruhi penawaran dan juga permintaan atas barang dan jasa yang akan menentukanharga, menentukan penawaran serta juga permintaan barang dan jasa selanjutnya.

4. Marshal dan Piqou

Menurut Marshal dan Piqou, pengertian ekonomi mikro ini ialah tingkat mobilitas yang tinggi didalam pasar sehingga membuat para pelaku ekonomi tersebut dapat langsung beradaptasi atau juga menyesuaikan perubahan-perubahan yang ada di pasar.

5. Mary A Marchant dan William M Snell

Ekonomi mikro merupakan kajian terkait individu, rumah tangga, dan perusahaan pengambil keputusan dalam proses ekonomi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...