Erick Thohir Dorong Anak Muda Manfaatkan Momentum Digitalisasi

Padjar Iswara
15 Mei 2022, 17:12
Erick Thohir Dorong Anak Muda Manfaatkan Momentum Digitalisasi
Katadata

Menteri BUMN Erick Thohir meminta anak muda Indonesia agar memanfaatkan disrupsi digital sebagai sebuah peluang. Hadirnya disrupsi digital, katanya, akan memformat ulang banyak industri dan ekonomi.

Menurut Erick, anak muda dapat memanfaatkan disrupsi digital sebagai peluang untuk bersaing. Sebab munculnya disrupsi telah mengakibatkan banyak pekerjaan hilang dibandingkan dengan yang tumbuh.

“Artinya akan terjadi perubahan signifikan dalam hal pekerjaan. Ini yang perlu diantisipasi," ujar Erick dalam kuliah umumnya di Universitas PGRI Banyuwangi, Ahad (15/4).

Erick pun menggarisbawahi kenyataan bahwa dari 10 perusahaan terbesar di dunia, tujuh di antaranya merupakan perusahaan teknologi.

Hal ini sinyal terjadinya perubahan besar dalam industri bahwa kini eksplorasi sumber daya manusia nilainya sudah melebihi industri sumber daya alam.

Erick mengatakan, agar digitalisasi ini jangan membuat anak muda pasif. Dunia, termasuk Indonesia, sudah menghadapi gelombang pertama (first wave) dengan hadirnya media online.

Kemudian gelombang kedua (second wave) dengan hadirnya beragam aplikasi dan gelombang ketiga (third wave) dengan hadirnya metaverse.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...