7 Cara Mendapatkan EFIN Online dengan Mudah

Image title
9 Juni 2022, 23:44
Berikut sejumlah tujuh cara mendapatkan Efin online yang didapatan dengan mudah dan dilakukan oleh siapapun dan dimanapun.
OnlinePajak
Berikut sejumlah tujuh cara mendapatkan Efin online yang didapatan dengan mudah dan dilakukan oleh siapapun dan dimanapun.

Cara mendapatkan EFIN online bisa dilakukan dengan mudah saat ini. EFIN merupakan nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak atau DJP, untuk para wajib pajak agar bisa menunaikan kewajibannya dalam membayar pajak. 

Untuk membayar pajak secara online, wajib pajak harus mengantongi EFIN. Kegunaan nomor identitas tersebut, selain untuk membayar Surat Pemberitahuan Tahunan atau SPT, bisa juga untuk membuat akun di situs DJP online.

Bagi Anda yang belum memiliki nomor identitas, ada cara mendapatkan EFIN online, salah satunya dengan mengakses laman Efin.pajak.go.id. Selanjutnya, Anda bisa melakukan pendaftaran secara online untuk memperoleh EFIN, serta mengisi data diri sesuai petunjuk yang disediakan.

Cara Mendapatkan EFIN Online Melalui Website

Berikut merupakan langkah-langkah untuk mendapatkan EFIN secara online:

1. Buka situs efin.pajak.go.id untuk mendaftar
2. Persiapkan Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP, sebelum memulai proses aktivasi EFIN, lalu klik Lanjutkan.
3. Beri hak akses penggunaan kamera di perangkat Anda, lalu klik Lanjutkan
4. Aktivasi EFIN dapat dilakukan jika data kependudukan Anda sudah sesuai, dan verifikasi data pendaftaran telah selesai dilakukan petugas Kantor Pelayanan Pajak atau KPP.
5. Selanjutnya klik Mulai Sekarang
6. Isi Nomor NPWP, lalu klik Lanjutkan
7. Jika data yang Anda masukkan valid, akan muncul halaman berisi nama Anda. Jika nama Anda benar, kemudian Anda bisa klik Lanjutkan.

Anda akan diarahkan pada tampilan mengambil foto wajah. Potret wajah Anda, dan sistem secara otomatis akan melakukan pencocokan data. Pastikan cahaya di dekat perangkat cukup, agar kualitas tampilan foto bagus.

Apabila data sudah sesuai, akan muncul notifikasi EFIN yang aktif. Pemberitahuan EFIN akan dikirim ke alamat email Anda, yang terdaftar di akun Pajak.go.id

Jika terjadi kendala-kendala tertentu di tengah proses, Anda bisa mendapatkan EFIN dengan mengirimkan email kepada kantor pelayanan Pajak (KPP) atau bisa menghubungi kring pajak di 1500 200.

Cara Mendapatkan EFIN Online Melalui Email

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan EFIN dengan cara mengirimkan email ke KPP dimana Anda terdaftar. Caranya sebagai berikut:

Halaman:
Editor: Intan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...