Kemenkes akan Integrasi Data Kesehatan via Jam Tangan Pintar

Lavinda
Oleh Lavinda
11 Juni 2022, 12:42
Kemenkes
Google
Jam tangan pintar

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berencana menciptakan program dengan memanfaatkan teknologi, yakni mengintegrasi data kesehatan para pengguna jam tangan pintar atau smart watch.

Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes, Setiaji mengatakan, cara ini efektif untuk memantau kesehatan masyarakat masa kini, mengingat pengguna jam pintar atau biasa dikenal dengan istilah wearable device kian meningkat.

"Saat ini data kesehatan tidak hanya bisa didapatkan dari rumah sakit atau lab, kita bisa mengintegrasika dengan wearable device. Nantinya kita akan gunakan sebagai standar yang bisa digunakan untuk pemantauan kesehatan," kata Setiaji dalam acara konferensi pers seperti dikutip Antara, Sabtu (11/6).

Saat ini, Kemenkes bahkan sedang melakukan uji coba pemanfaatan teknologi jam pintar itu pada para jemaah haji yang akan berangkat menunaikan ibadah ke Arab Saudi.

Dari total para jemaah di kloter pertama embarkasi Jakarta berjumlah 11.267 orang, 3000 di antaranya memiliki status kesehatan berisiko tinggi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...