IDI Bersiap Jadi Penyelenggara Konferensi Medis Dunia

Adi Ahdiat
18 Juni 2022, 16:17
Petugas membawa bantuan alat kesehatan di Kantor Ikatan Dokter Indonesia atau IDI Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (22/4/2020).
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/aww.
Petugas membawa bantuan alat kesehatan di Kantor Ikatan Dokter Indonesia atau IDI Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (22/4/2020).

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) tengah bersiap menjadi penyelenggara pertemuan asosiasi medis dunia.

"Tahun 2022 ini PB IDI mendapat sejumlah kepercayaan dari kalangan kedokteran internasional, antara lain menjadi panitia penyelenggara untuk konferensi tahunan World Medical Association yang akan diadakan di Jakarta bulan Juli mendatang," tulis IDI dalam siaran persnya, Sabtu (18/6/2022).

Konferensi tahunan World Medical Association (WMA) akan diselenggarakan di Jakarta pada 4-5 Juli 2022.

Menurut keterangan dari situs resmi WMA, konferensi ini diadakan untuk mendiskusikan dan merevisi Kode Etik Medis Internasional, khususnya terkait "keberatan berdasarkan hati nurani dokter", yakni ketentuan bahwa penyedia layanan kesehatan boleh tidak menawarkan jenis perawatan medis tertentu yang tidak ia setujui secara pribadi.

Di luar persiapan acara ini, IDI juga baru saja melakukan rapat kerja (raker) dengan agenda penguatan organisasi serta pemantapan visi untuk menghadapi tantangan masa depan.

Menurut IDI, ke depannya dunia kedokteran akan menghadapi tantangan seperti peningkatan profesi dan kesejahteraan dokter, pemerataan distribusi dokter, simetrisitas peran dengan stakeholder, internasionalisasi dan universalisme, serta penegakan etika profesi.

"Selain itu, teknologi dunia kedokteran masa depan juga perlu diperhatikan seperti pengembangan artificial inteligence, precision medicine, potensi biological weapon, dan lain sebagainya," jelas IDI.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...