Contoh Soal AKM SMA Materi Numerasi dan Literasi

Image title
28 Juli 2022, 15:47
contoh soal akm sma
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/aww.
Ilustrasi, siswa SMA.

Contoh soal AKM SMA penting bagi para siswa sebagai bekal dalam menghadapi ujian AKM. Lulus dalam ujian AKM atau Asesmen Kompetisi Minimum tentunya bukan perkara mudah, perlu persiapan matang sebelum menghadapi ujian.

Pengertian AKM

AKM diwacanakan akan menggantikan UN sepenuhnya. Mengutip Zenius, untuk penyelenggaraannya, AKM baru dimulai tahun 2021 pada September-November lalu. Adapun perbedaan menonjol antara AKM dan UN adalah pesertanya.

Jika peserta UN terdiri dari kelas 6 SD, 9 SMP, dan 12 SMA, peserta tes AKM adalah siswa kelas 5 SD, 8 SMP, dan 11 SMA.

AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh siswa untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi pada masyarakat.

Terdapat dua kompetensi dasar dalam AKM, yaitu Literasi Membaca dan Numerasi. Pada Pelaksanaannya, siswa diminta mengisi soal-soal terkait literasi membaca, numerasi, hingga survei karakter.

1. AKM Literasi Membaca

Soal dalam AKM jenis ini menguji keterampilan nalar siswa terkait penggunaan bahas. Bukan hanya memahami isi bacaan, siswa juga diharapkan mampu memberi analisis berdasarkan tata bahasa yang baik dan benar.

2. AKM Numerasi

Soal dalam AKM numerasi menguji keterampilan nalar siswa terkait angka. Siswa diharuskan mencari analisis menggunakan ilmu hitungan.

3. AKM Survei Karakter

AKM survei karakter membahas penerapan nilai-nilai Pancasila serta kondisi kenyamanan pembelajaran di sekolah. Jika kondisi lingkungan sekolah dan di dalam kelas sudah memberikan contoh baik, kemungkinan hasil survei karakter akan memeroleh poin tinggi.

Untuk lebih jelasnya, berikut dijabarkan contoh soal AKM SMA beserta kunci jawabannya.

Contoh Soal AKM SMA

Mengutip soalakm.com dan beberapa laman terkait lainnya, berikut contoh soal AKM SMA numerasi dan literasi membaca:

Contoh Soal AKM SMA Materi Numerasi

1. Sebuah nampan pada tumpeng jika diberdirikan akan setinggi 50 cm. Tumpeng akan diletakkan tepat di tengah, jika masing-masing ujung tumpeng berjarak 7,5 cm dari ujung nampan. Berapa isian nasi yang dibutuhkan agar tumpeng tersebut padat, jika tinggi tumpeng yang diinginkan adalah 30 cm?

a. 9.625 cm3

b. 96,25 liter

c. 11.250 ml

d. 12.500 cm3

e. 3,85 liter

Jawaban:

Isi tumpeng = volume kerucut.

Diameter tumpeng berada 7,5 cm dari masing masing ujung yang artinya 50-7,5-7,5=35 cm. Sehingga jari-jarinya adalaah 17,5 cm.

13×π×r2×t=13227×17,5×17,5×30=9.625 cm3

Jadi, isian nasi yang dibutuhkan agar tumpeng tersebut padat, jika tinggi tumpeng yang diinginkan adalah 30 cm, yaitu A. 9.625 cm3.

2. Badan Geologi, Kementerian ESDM dan Mitigasi Bencana Geologi Sumatera Utara sedang mengamati ketinggian letusan awan panas gunung Sinabung. Puncak gunung terlihat pada sudut elevasi 30° sedangkan puncak letusan awan panas terlihat pada sudut elevasi 60°.

Diketahui tinggi gunung Sinabung adalah 2.460 meter dan terjadi kesalahan dalam mengukur sudut elevasi. Besar sudut elevasi untuk melihat tinggi erupsi seharusnya adalah 50°.

Akibat kesalahan ini, bagaimanakah tinggi erupsi gunung sebenarnya? Apakah lebih tinggi atau lebih rendah bila dibandingkan dengan tinggi erupsi yang didapatkan dari sudut elevasi semula?

Jawaban:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...