Reza Gunawan Tutup Usia, Bankir yang Beralih ke Penyembuhan Holistik

Tia Dwitiani Komalasari
6 September 2022, 15:18
Reza Gunawan
Instagram Reza Gunawan
Reza Gunawan

Pakar penyembuhan holistik sekaligus suami penulis dan penyanyi Dewi Lestari, Reza Gunawan, 46, meninggal dunia pukul 11.53 WIB, Selasa (6/9). Sebelum meninggal, Reza sempat dirawat di rumah sakit akibat stroke pendarahan selama lebih dari sebulan.

Kabar duka tersebut pertana kali dikabarkan di media sosial oleh presenter Alvin Adam. "Telah berpulang mas Reza Gunawan, Selasa 6 September 2022 pukul 11.53 WIB. Jenazah saat ini disemayamkan di rumah duka Delatinos BSD City Tangerang Selatan,"kata Alvin dalam postingan Instagramnya, Selasa (6/9).

Empat hari sebelumnya, Dewi Lestari baru saja mengabarkan kondisi Reza Gunawan yang terkena stroke pendarahan. Reza sebenarnya telah dirawat sebulan lebih di rumah sakit, tapi Dewi sengaja membatasi kabar tentang kondisi suaminya.

"Sebelumnya saya segaja membatasi kabar ini agar privasi Reza selama di rumah sakit terjaga dan kami sekeluarga dapat lebih tenang mengelola berbagai hal yang harus kemai hadapi. Mohon dimaklumi," ujar Dewi Lestari dalam postingan Instagramnya.

Reza sempat dirawat di rumah untuk menjalani pemulihan. Hingga akhirnya dia dikabarkan meninggal dunia.

Profil Reza Gunawan

Reza gunawan lahir di Jakarta pada 21 Januari 1976. Dia merupakan pakar penyembuhan holistik Indonesia yang banyak memberikan bimbingan dan seminar mengenai pengobatan alternatif.

Dia sempat mengambil kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Reza bahkan sempat bekerja selama lima tahun sebagai profesional perbankan dan pasar modal.

Namun demikian, Reza sudah memiliki ketertarikan terhadap dunia kesehatan sejak anak-anak. Saat ini dia dikenal sebagai terapis dan pengajar penyembuhan holistik yang memelopori berkembangnya kesehatan alami serta industri kesadaran di Indonesia. Reza juga merupakan pendiri dan pelopor klinik True Nature Holistic Healing.

Dikutip dari situs True Nature Holistic Healing, ketertarikan Reza pada dunia penyembuhan berawal pada 1988. Saat itu, Reza yang masih berusia 12 tahun bertemu seorang guru yang memperkenalkan terapi refleksi.

Dia begitu antusias untuk menyerap ilmu dari guru tersebut dan langsung mempraktekannya. Sayangnya pertemuan dengan guru ini tidak lama. Namun, bagaikan menemukan hobi utamanya, Reza pun meneruskan perjalanannya menekuni berbagai teknik penyembuhan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...