5 Media Sosial untuk Mengoleksi Foto agar Estetis

Ghina Aulia
13 September 2022, 15:50
Media Sosial untuk Mengoleksi Foto
pexels/tranmautritam
Media Sosial untuk Mengoleksi Foto

Perkembangan teknologi khususnya di internet, tak lepas dari beragamnya jenis media sosial yang muncul ke permukaan. Dengan kegunaan yang beragam, umumnya juga memiliki karakteristik yang bermacam-macam pula.

Seperti umumnya, media sosial kerap digunakan untuk media informasi. Selain itu, hampir semua jenisnya menyediakan fitur komunikasi dua arah. Baik dengan pihak developer atau sesama pengguna. Fitur ini biasa dikenal dengan nama chat atau direct message.

Tak sedikit juga media sosial yang spesialisasinya tak sekedar bertukar pesan atau mengunggah cuitan belaka. Ada juga yang berfokus pada audio, visual dan atau audio visual secara keseluruhan. Salah satunya yang paling terkenal yakni YouTube. Ada juga platform SoundCloud yang menyediakan fitur mengunggah dan menyebarkan audio atau musik secara gratis.

Menariknya, inovasi dan perkembangan tersebut sudah menjadi hal yang biasa. Sama sekali tidak menjatuhkan media sosial atau platform saingannya. Walaupun ada yang demikian, umumnya masing-masing memiliki ciri khas.

Demikian juga dengan deretan media sosial yang akan dibahas satu persatu setelah ini. Semuanya berfokus pada media visual, tepatnya adalah gambar dan gambar bergerak (gif). Seperti yang sudah disinggung, semuanya memiliki ciri khasnya, hal tersebutlah yang membedakan satu dan yang lainnya.

Media sosial di bawah ini beberapa di antaranya pasti sangat familiar dan terkenal, bisa jadi Anda sudah memilikinya di ponsel pintar. Selain dapat diunduh, Anda juga dapat mengaksesnya melalui browser.

Bak menampung ide banyak orang, nama-nama media sosial ini sangat cocok untuk mencari inspirasi apabila kehabisan ide. Tepatnya yang berhubungan dengan desain grafis. Tak hanya itu, beberapa di antaranya juga memuat banyak informasi.

Sebaiknya tidak dilewatkan, berikut adalah daftar lima media sosial untuk mengoleksi foto. 

1. Pinterest

Nah, yang satu ini bisa dibilang yang paling terkenal. Hal itu lantaran kiprahnya sudah dimulai sejak Maret 2010. Selain itu, sudah sangat umum ketika Pinterest dijadikan rujukan untuk mencari ide dan referensi apabila sedang ‘mentok’ dan mencari inspirasi.

Tak mengherankan sekali, karena isi kontennya juga sangat beragam. Kreator atau penggunanya banyak yang aktif mengunggah konten secara rutin dengan spesialisasi tertentu. Misalnya ada yang berfokus pada foto, gif dan video kuliner, desain grafis dan fashion wanita.

Pinterest memuat banyak sekali informasi di luar perfotoan. Kita dapat mencari template apa pun yang diinginkan. Misalnya template resume, jadwal pelajaran, ppt bahkan jadwal piket dan struktur organisasi. 

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...