Gempa Cianjur Akibatkan 2 Meninggal dan Sejumlah Bangunan Rusak Berat

Andi M. Arief
21 November 2022, 15:26
Dampak gempa 5,6 SR di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11). Foto: BNPB
BNPB
Dampak gempa 5,6 SR di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11). Foto: BNPB

Gempa dengan magnitudo 5,6 terjadi di Cianjur, Jawa Barat pada 13.21 WIB. Hingga saat ini, dua orang dilaporkan meninggal dunia akibat dampak gempa.

Selain itu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga melaporkan empat warga Cianjur luka- luka. Sedangkan hingga 14.11 WIB, sebanyak tujuh rumah dilaporkan mengalami kerusakan berat.

Kerusakan lainnya adalah satu pondok pesantren rusak berat. Sedangkan kondisi RSUD Cianjur saat ini juga mengalami kerusakan dengan tingkat sedang.

"Kerusakan yang masih diidentifikasi antara lain dua unit gedung pemerintah, tiga fasilitas pendidikan, dan satu tempat ibadah," demikian keterangan tertulis BNPB, Senin (21/11).

Berdasarkan video amatir yang didapatkan Katadata.co.id, setidaknya ada tiga gedung yang rusak ringan hingga berat, yakni Pondok Pesantren Al Jawahir, Kantor Polres Cianjur, dan Kantor Perencanaan Wilayah Hutan atau PHW 2 Perhutani Cianjur.

Sedangkan Pakar Tsunami Badan Risen dan Inovasi Nasional atau BRIN Widjo Konko mengatakan gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Namun demikian, gempa tersebut dinilai berpotensi merusak.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...