7 Manfaat Perencanaan Usaha agar Bisnis Berhasil

Tifani
Oleh Tifani
21 November 2022, 13:56
manfaat Perencanaan usaha
Katadata
Ilustrasi, Perencanaan usaha

Dalam ilmu ekonomi, perencanaan usaha adalah proses penentuan visi, misi, dan tujuan, strategi, kebijakan, prosedur, aturan, program, dan anggaran yang diperlukan untuk menjalankan suatu usaha tertentu. Mengutip Hieronymus Budi Santoso dalam buku Industri Ternak Unggas Petelur, perencanaan usaha dapat dipahami juga sebagai titik tolak pencapaian sebuah tujuan atau proses kerja pikir dan rasa dalam menentukan cara bertindak untuk mencapai tujuan.

Manfaat Perencanaan Usaha

Perencanaan usaha juga bisa digunakan sebagai alat untuk mendapatkan investor, karena didalamnya berisi segala hal yang akan dilakukan saat bisnis dijalankan nantinya. Perencanaan usaha tak cuma dibutuhkan oleh seseorang yang akan menjalankan bisnis berskala besar, usaha jenis apapun termasuk usaha kecil menengah juga memerlukan perencanaan usaha. Berikut manfaat perencanaan usaha.

  • Dasar Sebuah Bisnis

Perencanaan usaha dapat dibilang sebagai dasar atau pondasi sebuah bisnis. Rencana bisnis harus disusun sedetail mungkin, semakin lengkap sebuah rencana bisnis atau perencanaan usaha maka usaha yang berjalan akan semakin terarah.

Bahkan roda bisnis yang berjalan akan semakin mudah.Dengan sebuah perencanaan usaha yang baik, kesempatan dan peluang untuk mengambangkan bisnis akan semakin besar.

  • Bisnis Lebih Fokus dan Terarah

Perencanaan usaha akan membuat sebuah bisnis berjalan lebih fokus dan terarah. Dengan begitu, tujuan bisnis atau perusahaan dapat tercapai dengan lebih mudah, sesua target yang telah ditentukan.

Ketika menyusun perencanaan, bisnis dapat berkembang dengan baik. Pasalnya perencanaan bisnis memuat rencana bisnis jangka pendek, menengah, dan panjang

  • Dapat Memprediksi Masa Depan

Saat seorang pebisnis membuat perencanaan usaha, maka akan terlihat apa saja gambaran jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang bagi bisnis. Dengan begitu, pemilik bisnis dapat memprediksi masa depan dari kemajuan bisnis dan meminimalisir risiko kerugian yang mungkin saja ada.

Prediksi ini bukan rencana semata, tetapi juga harus didukung oleh data dari riset yang telah dilakukan sebelumnya. Jika tanpa riset yang matang, perencanaan usaha bisa saja akan meleset dari tujuan awal yang ditentukan.

  • Mencari Sumber Dana

Manfaat perencanaan usaha selanjutnya ialah dapat mendatangkan investor. Secara tidak langsung, perencanaan usaha dapat menjadi proposal atau dokumen untuk mendapatkan sumber pendanaan.

Tentu sumber dana yang dimaksud adalah pihak lain, seperti investor, perbankan, atau modal ventura.

  • Menaikan Level Bisnis

Manfaat perencanaan usaha selanjutnya ialah adanya kesempatan untuk menaikkan level bisnis ke tingkat yang lebih atas. Perencanaan usaha yang disusun dengan baik akan membawa gairah pelaku bisnis untuk menjalankan roda bisnis.

Jika sudah ada semangat menggerakkan bisnis, maka bisnis dapat berpeluang lebih besar untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan cepat. Maka dari itu, jangan remehkan dampak dari rencana bisnis dan bersiap untuk naik level dengan cepat.

  • Mengetahui Model Bisnis yang Dijalani

Manfaat perencanaan usaha selanjutnya ialah untuk mengetahui model bisnis yang akan dikembangkan. Sebuah usaha atau bisnis yang baru akan cukup sulit untuk berkembang jika hanya dijalankan saja tanpa ada rencana yang matang.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...